Rabu 12 Juni 2019, 18:45 WIB

Satu Orang Meninggal Akibat Banjir dan Longsor di Sumbar

Yose Hendra | Nusantara
Satu Orang Meninggal Akibat Banjir dan Longsor di Sumbar

Thinkstock
Ilustrasi

 

SEJUMLAH daerah di Sumatera Barat diterpa banjir, longsor, banjir bandang, pekan ini. Satu orang dinyatakan meninggal, beberapa orang luka-luka, dan sejumlah rumah rusak.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat Erman Rahman mengatakan bencana terparah terjadi di Kabupaten Padang Pariaman.

Dijelaskannya, terjadi banjir bandang di Korong Pasa Baru Kampung Jua Nagari Pilubang, Kecamatan Sungai Limau. Ditambahkan Erman, banjir juga merendam lahan pertanian kurang lebih seluas satu hektare.

Sementara itu di Korong Kampung Pinang, Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu, Kecamatan Sei, juga terjadi tanah longsor pada Selasa (11/6).

Kejadian tersebut mengakibatkan satu rumah rusak parah. Lalu, di Korong Pasar Paingan Nagari Guguak Kuranji Hilir, Kecamatan
Sungai Limau, terjadi banjir bandang dan merendam rumah warga yang dihuni oleh 55 kepala keluarga serta 15 hektare sawah.

Baca juga: Banjir Bandang Landa Dua Kabupaten di Sumut

Untuk tindak lanjut, jelas Erman, TRC-PB BPBD Kabupaten Padang Pariaman melakukan evakuasi di area banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Padang Pariaman.

"Semua korban tanah longsor Korong Kampung Pinang sudah dilarikan ke rumah sakit dan memindahkan material akan dilakukan segera," kata Erman yang menambahkan bahwa pada hari yang sama juga terjadi banjir dan longsor di  Pesisir Selatan, Agam, dan Sawahlunto. (OL-7)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More