Rabu 12 Juni 2019, 18:15 WIB

Purwakarta Bersiap Kedatangan Kaum Urban

Reza Sunarya | Nusantara
Purwakarta Bersiap Kedatangan Kaum Urban

MI/Reza
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika

 

KABUPATEN Purwakarta Jawa Barat merupakan salah satu daerah yang menjadi tujuan kaum urban untuk menetap dan mencari peruntungan. Bahkan pascalebaran bisa jadi jumlah pendatang atau urban akan mengalami peningkatan.

Satu alasan yang menjadikan kaum urban datang ke Purwakarta, ialah selain menjadi salah satu daerah tujuan wisata, kota tersebut juga terkenal sebagai kawasan industri.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan adanya serbuan kaum urban yang datang ke Purwakarta sudah bisa terprediksi. Tetapi, dirinya tetap berpesan agar yang datang dan berniat ke Purwakarta untuk memiliki keterampilan.

"Kalau bisa yang mau datang usahakan memiliki keahlian, kalau belum memilikinya, saya minta agar tunda dulu datang," Kata Anne.

Di sisi lain, adanya serbuan kaum urban dikhawatirkan bisa juga berdampak negatif. Semisal terhadap laju peningkatan penduduk (LPP) seandainya tidak terkendali.

Baca juga: Boleh Datang ke Bekasi Asal Terampil

Menyikapi persoalan tersebut, Anne menjelaskan, pihaknya akan segera melakukan rapat pimpinan, termasuk dengan para camat. Pihaknya juga akan melakukan pengawasan di sejumlah kawasan industri yang ada.

"Kita antisipasi saja, khususnya di wilayah yang masuk zona industri. Nanti kita awasi. Kalau pendatang ini tujuannya kerja dan memang punya skill, ya kita welcome," jelas Anne

Selain itu, dirinya juga akan berkoordinasi dengan seluruh jajaran agar melakukan operasi yustisi, menurutnya hal tersebut perlu dilakukan, karena apabila tidak ada tujuan datang, akan ditindak serta dipulangkan ke kampung halaman masing-masing.

"Yang paling sulit itu pendatang yang tercecer ya. Kalau yang ada keluarganya di sini mungkin pengawasannya mudah. Makanya ini yang kami antisipasi," kata Anne. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More