Anies Sebut Pendangkalan Waduk Pluit karena Perawatan

Penulis: Selamat Saragih Pada: Rabu, 12 Jun 2019, 19:15 WIB Megapolitan
Anies Sebut Pendangkalan Waduk Pluit karena Perawatan

ANTARA
Waduk Pluit

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menepis soal adanya pendangkalan air di Waduk Pluit, Jakarta Utara, karena kurangnya perawatan dari Pemprov DKI.

Proses pendangkalan Waduk Pluit justru terjadi karena sedang dilakukannya perawatan. Dimulai dari pengosongan air, sehingga endapan lumpur di waduk terlihat jelas. Karena itu, seakan-akan terjadi pendangkalan.

“Penyebab air waduk berkurang itu bukan karena enggak dirawat, justru mau dirawat maka dilakukan pendangkalan,” kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (12/6).

Pengerukan Waduk Pluit, lanjut Anies, telah dilakukan Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI sejak April 2019. Saat pengerukan, Dinas SDA sedang mengurangi debit air di Waduk Pluit guna memudahkan proses.

"Sebenernya pengerukan dikerjakan sejak bulan April. Ada proses pendangkalan sehingga dapat dilakukan pengerukan. Untuk pengerukan memang airnya harus berkurang," jelas Anies.

Baca juga: Menteri Susi Tagih Janji Sandiaga Soal Kebersihan Waduk Jakarta

Dia menambahkan, sejak April hingga saat ini merupakan waktu tepat untuk melakukan pengerukan. Apalagi hujan cukup jarang terjadi di Jakarta Utara.

“Saat ini memang waktu yang tepat melakukan pengerukan. Pada saat volume air sedang enggak tinggi, saat itulah kita melakukan pengerukan di semua tempat. Hanya saja seringkali kita mendapat informasinya enggak lengkap. Hanya difoto lalu ditanya kondisi hari ini. Jadi pengerukan sudah dilakukan mulai April, memang didangkalkan untuk bisa dilakukan pengerukan,” terangnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pendangkalan Waduk Pluit sempat disebut Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melalui akun twitternya. Dia menulis sebuah berita tentang kondisi Waduk Pluit pada Senin (10/6).

Kondisi Waduk Pluit yang mengalami pendangkalan di wilayah Penjaringan, Jakarta Utara, merupakan bagian kecil dari seluruh luasan waduk. Dengan luas 80 hektare, sekitar sepertiga waduk mengalami pendangkalan.

Hal itu memperlihatkan sedimen ke permukaan Waduk Pluit akibat kondisi permukaan air mengalami penurunan dari kedalaman maksimal daya tampungnya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More