Rabu 12 Juni 2019, 15:20 WIB

Mendag: Indonesia Harus Agresif Tingkatkan Ekspor

Atalya Puspa | Ekonomi
Mendag: Indonesia Harus Agresif Tingkatkan Ekspor

MI/Susanto
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita

 

MENTERI Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita menyarankan Indoneria harus mengambil langkah ofensif dengan meningkatkan ekspor secara besar-besaran. Hal ini dikarenakan kondisi ekonomi global sedang tak menentu.

"Kita harus agresif membuka pasar baru, mempertahankan pasar lama di ekspor kita. Di semua produk, mulai sepatu, tekstil, mobil, CPO, karet juga otomotif," kata Enggartiasto di Kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag), Jakarta Pusat, Rabu (12/6).

Dirinya mengungkapkan kondisi ekonomi global saat ini bukan hanya menurunkan angka ekspor di Indonesia, melainkan di seluruh dunia.

"Tidak ada satupun negara yang mengatakan saya meningkat. WTO sendiri proyeksi pertumbuhannya kalau 2017 4%, 2018 3,6% tahun ini 2,6% Ini menunjukan menurunnya daya beli dunia," tuturnya.

Baca juga: Perjanjian IC-CEPA Pintu Tingkatkan Ekspor Indonesia

Enggartiasto menjabarkan tekanan perang dagang memang memberikan pengaruh besar pada daya konsumsi masyarakat yang menurun.

Untuk itu, di tengah tekanan perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok, dirinya menilai Indonesia perlu mencari peluang dengan menciptakan produk-produk unggulan.

"Kalau tidak bisa kita cari peluang, maka ekspor kita berkurang. Maka apa yang terjadi pada negara ini?" tukasnya.(OL-5)

Baca Juga

Istimewa

BPJAMSOSTEK Menara Lindungi Ratusan Relawan Cegah Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 April 2020, 15:17 WIB
Para relawan tersebut merupakan garda terdepan dalam menangani penyebaran Covid-19 di masyarakat, sehingga membutuhkan jaring pengaman...
Dok.Kementan

Penjelasan Kementan Tentang Hoaks Ayam Diberi Hormon Pertumbuhan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 April 2020, 15:07 WIB
Menurut Ketut, sesuai dengan amanat Undang-undang, pemerintah telah mengatur penerapan sistem jaminan keamanan pangan terhadap unit usaha...
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Pemangkasan 51 Perusahaan Anak-Cucu BUMN Terus Jalan

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Jumat 03 April 2020, 15:05 WIB
Garuda akan memangkas 6 perusahaan, Pertamina akan memangkas 25 perusahaan dan Telkom sebanyak 20...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya