Trump Bantah Kim Jong-nam Informan CIA

Penulis: Sonya Michaella Pada: Rabu, 12 Jun 2019, 16:30 WIB Internasional
Trump Bantah Kim Jong-nam Informan CIA

AFP/TOSHIFUMI KITAMURA
Kim Jong-nam

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Donald Trump membantah keras bahwa Kim Jong-nam, kakak tiri dari pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un, adalah mata-mata CIA.

Surat kabar Wall Street Journal mengabarkan bahwa Jong-nam, yang tewas pada 16 Februari 2017 di Malaysia karena diracun, merupakan informan CIA. Jong-nam diberitakan pergi ke Kuala Lumpur untuk bertemu dengan perwakilan CIA.

WSJ mengutip seorang sumber "yang tidak disebutkan namanya" dalam artikel mengenai Kim Jong-nam.

"Saya tahu ada kabar ini. Saya memastikan tidak akan terjadi ada warga Korut menjadi informan CIA. Saya tidak akan membiarkan itu terjadi di bawah pemerintahan saya," kata Trump, dikutip dari AFP, Rabu (12/6).

Baca juga: Saudara Kim Jong-un Diduga Informan CIA

Meski Trump telah membantah, hingga saat ini, CIA belum mengeluarkan pernyataan terkait kabar ini.

Beberapa mantan pejabat AS juga dikutip di WSJ bahwa Kim Jong-un hampir pasti pernah berkomunikasi dengan agensi keamanan sejumlah negara lain, termasuk Tiongkok.

Kim Jong-nam tewas dibunuh di Malaysia pada 2017. AS dan Korea Selatan menyebut otoritas Korut telah memerintahkan pembunuhan tersebut. Pyongyang membantah telah membunuh Kim Jong-nam.

Dua perempuan yang didakwa atas pembunuhan Kim Jong-nam di bandara Kuala Lumpur telah dibebaskan. Siti Aisyah telah dibebaskan pada Maret lalu, dan Doan Thi Huong asal Vietnam dua bulan setelahnya. (Medcom/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More