Rabu 12 Juni 2019, 09:52 WIB

Protes RUU Ekstradisi, Warga Hong Kong Geruduk Kantor Pemerintah

Sonya Michaella | Internasional
Protes RUU Ekstradisi, Warga Hong Kong Geruduk Kantor Pemerintah

AFP/Anthony WALLACE
Demonstran memblokade jalan menuju kantor pusat pemerintah.

 

MASIH dalam rangka aksi memprotes rancangan undang-undang (RUU) ekstradisi Tiongkok, Rabu (12/6) pagi, warga Hong Kong berbondong-bondong menyerbu kantor pemimpin Carrie Lam. Mereka memblokade jalan di sebelah gedung.

RUU ini dijadwalkan akan dibahas dalam sebuah debat terbuka di Dewan Legislatif Hong Kong pada hari ini, Rabu (12/6). Sementara, Dewan Legislatif mayoritas dikendalikan pejabat pro-Tiongkok.

Jalan utama yakni Jalan Lung Wo, tempat kantor Lam berada, dipadati ribuan demonstran. Ratusan polisi antihuru-hara pun seketika turun menghadang mereka.

Dilansir dari laman Channel News Asia, Rabu (12/6), aksi ini telah mereka rancang sejak semalam dengan para demonstran menyerukan seluruh warga Hong Kong untuk mogok kerja.

Baca juga: Pengusaha Hong Kong Ikut Protes soal RUU Ekstradisi

Dalam konferensi persnya, Lam berdalih RUU ini diciptakan untuk melindungi hak asasi manusia. RUU ini memungkinkan nantinya tersangka kasus kriminal Hong Kong diadili di Beijing.

Sejumlah tokoh demokrasi dan penggagas demo menegaskan, jika RUU ekstradisi ini tetap dibentuk, Hong Kong bukanlah Hong Kong yang independen lagi melainkan sama dengan kota-kota di Tiongkok.

Sejak berakhirnya jajahan Inggris pada 1997, Hong Kong beroperasi di bawah prinsip 'satu negara dua sistem'. Sistem hukum Hong Kong dipandang menjadi salah satu yang terkuat.

Namun, warga Hong Kong merasa, otonomi wilayah semakin lama semakin terkikis oleh pengaruh Tiongkok yang semakin meningkat. (Medcom/OL-2)

Baca Juga

FP/JAIME REINA

Spanyol Berencana Perpanjang Karantina Hingga 21 Juni

👤Antara 🕔Minggu 31 Mei 2020, 23:05 WIB
Langkah itu akan jadi karantina wilayah terakhir yang diberlakukan di Spanyol mengingat jumlah pasien positif telah turun...
Antara

Parlemen Thailand Setujui Dana Rp849,96 T untuk Dampak Pandemi

👤Antara 🕔Minggu 31 Mei 2020, 22:11 WIB
Parlemen Thailand menyetujui tiga rancangan undang-undang tentang paket bantuan ekonomi senilai 1,9 triliun baht (sekitar Rp849,96...
Antara

Malaysia Kembali Operasikan Penuh Mesin ATM Mulai Besok

👤Antara 🕔Minggu 31 Mei 2020, 22:04 WIB
PEMERINTAH Malaysia kembali memutuskan untuk membuka operasi mesin ATM selama 24 jam mulai Senin (1/6) setelah sebelumnya hanya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya