Tahun Ini Jalur Mansel-Bintuni akan Diaspal

Penulis: mediaindonesia.com Pada: Rabu, 12 Jun 2019, 07:50 WIB Nusantara
Tahun Ini Jalur Mansel-Bintuni akan Diaspal

Dok Bina Marga
Ruas jalan Mansel-Bintuni, Papua Barat

KEPALA Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XVII Manokwari, Papua Barat Satrio Sugeng Prayitno menjelaskan kondisi ruas jalan yang menghubungkan Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel) dengan Kabupaten Bintuni sedang dalam penanganan. Bahkan kontrak dengan pihak ketiga sudah dilakukan sejak Maret lalu.

Namun, dengan alasan kondisi curah hujan yang tinggi mengakibatkan penanganan baru bisa dilakukan sepanjang 2 kilometer dari total yang dianggarkan pada tahun ini sepanjang 5 kilometer.

Kondisi ruas jalan Mansel-Bintuni sebelumnya sempat dikeluhkan sebagian masyarakat karena dinilai belum optimal.

Satrio menerangkan, kondisi lapangan yang terus diguyur hujan, menyebabkan pekerjaan baru dapat dilakukan sebagian.

Pihaknya juga berharap masyarakat berhati-hati saat melintas jalur tersebut dan agar bersabar karena kondisi tersebut.

Baca juga: Warga Kotabaru Korban Banjir Kesulitan Air Bersih

BPJN XVII Manokwari terus berupaya semaksimal mungkin mengatasi kerusakan jalur Trans Papua Barat itu serta telah menerjunkan sejumlah alat berat guna membantu para pengguna jalan jika terjebak lumpur di lokasi itu.

"Alat berat sudah standby. Masyarakat diharap berhati-hati dan tetap bersabar," lanjutnya.

Ia menambahkan, pada 2018, BPJN Manokwari tidak mendapat alokasi anggaran untuk penanganan ruas jalan yang rusak berat tersebut. Baru pada 2019, anggarannya teralokasi.

"Untuk penanganan 2018 tidak termasuk pada ruas jalan yang rusak berat," imbuhnya.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui BPJN XVII Manokwari telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan perusahaan Hak Pengusahaan Hutan (HPH) PT. Megapura Mambramo Bangun pada 23 November 2018 terkait peningkatan jalan nasional yang menghubungkan Mansel- Teluk Bintuni tersebut.

Dengan adanya penandatanganan MoU ini, jalan nasional sepanjang 20 kilometer tersebut akan segera diaspal pada 2019.

“Kami sudah membuat perjanjian kerja sama dengan perusahaan Megapura Mambramo Bangun dan akan melakukan pengaspalan secara bertahap pada 2019 ini,” terang Kepala BPJN XVII Manokwari.

Dalam perjanjian kerja sama tersebut, BPJN Manokwari akan melakukan pengasapalan dan memelihara jalan operasional perusahaan itu.

"Namun dengan catatan, pihak perusahaan juga harus mengurangi beban tonase kendaraan truk pengangkut yang sebelumnya mencapai 40 ton, supaya disesuaikan dengan kondisi jalan menjadi 10 ton, dengan tujuan agar kondisi jalan tidak cepat rusak," ucap Satrio.

Ia menjelaskan, ruas Mansel- Bintuni total panjang 75 kilometer, sudah teraspal sepanjang 55 kilometer, jadi sisa 20 kilometer belum teraspal. Pada tahun ini, pihaknya akan melakukan pengaspalan sepanjang 5 kilometer dari total panjang 20 kilometer. (RO/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More