Rabu 12 Juni 2019, 10:30 WIB

Clooney Minta Dunia Beri Perhatian untuk Sudan

Basuki Eka Purnama | Hiburan
Clooney Minta Dunia Beri Perhatian untuk Sudan

AFP/Tiziana FABI
George Clooney

 

AKTOR dan aktivis George Clooney, Selasa (11/6), mendesak komunitas internasional untuk memburu uang haram asal Sudan. Menurutnya, tekanan finansial akan mengubah sikap para jenderal Sudan yang selama ini bertindak represif terhadap aktivis prodemokrasi.

Clooney yang telah lama mengampanyekan HAM di kawasan utara Sudan, Darfur, menggarisbawahi bawah milisi Janjaweed yang selama ini melakukan pelanggaran HAM di Darfur juga merupakan yang menyerang para demonstran pada pekan lalu.

Puluhan orang tewas ketika pasukan paramiliter secara paksa membubarkan aksi duduk selama sepakan di depan markas militer yang menggulingkan Presiden Omar al-Bashir namun kemudian menolak menyerahkan kekuasaan kepada sipil.

Baca juga: Steven Spielberg Garap Serial Horor

Clooney mengatakan para jenderal Sudan takut mereka akan diburu dan dihukum karena selama 30 tahun menjarah harta negara itu.

"Memebkukan dan menyita aset mereka serta membekukan para pejabat militer itu dari sistem keuangan internasional akan menjadi cara untuk mendesak mereka bergerak menuju perdamaian dan menjaga HAM," ungkap Clooney.

"Dengan menciptakan konsekuensi finansial untuk pemimpin rezim dan kolaborator komersial mereka, diplomat dari Afrika, Eropa, dan Amerika Serikat akan bisa memengaruhi kondisi di Sudan," imbuhnya. (AFP/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More