Hindari Tertidur di Depan Televisi

Penulis: Media Indonesia Pada: Rabu, 12 Jun 2019, 08:45 WIB Humaniora
Hindari Tertidur di Depan Televisi

MI/Duta
Ilustrasi MI

TERTIDUR dengan lampu atau televisi menyala dapat menyebabkan obesitas. Pasalnya, lampu dan televisi yang terang akan mengacaukan jam fisiologis tubuh. Mereka yang terpapar cahaya buatan dalam bentuk apa pun di malam hari kemungkinan 17% lebih bakal bertambah berat badannya. Demikian kesimpulan sebuah studi.

Studi ini berdasarkan pantauan selama lima tahun terhadap beberapa wanita yang disuruh membiarkan lampu menyala. Efeknya, berat badan mereka naik hingga 5 kilogram.

Para peneliti percaya hal itu karena tidur terganggu. Cahaya buatan memiliki efek pada ketidakseimbangan hormon dan membuat orang mencari makanan berkalori.

Penelitian yang dilakukan Institut Nasional Ilmu Kesehatan Lingkungan, North Carolina, AS, ini melibatkan hampir 44.000 wanita yang terdaftar dalam kelompok Sister Study.

Para perempuan 35-74 tahun ini tidak memiliki riwayat kanker atau penyakit kardiovaskular dan bukan pekerja sif, tidur siang hari, atau hamil pada awal studi. (Dailymail/Yan/X-10)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More