Rabu 12 Juni 2019, 08:00 WIB

Sampah Pemudik 16.100 Ton per Hari

mediaindonesia | Humaniora
 Sampah Pemudik 16.100 Ton per Hari

MOHAMAD IRFAN
Direktur Pengelolaan Sampah Novrizal Tahar (kedua dari kiri) sebelum membagi-bagikan kantong sampah plastik biodegradable

 

KEMENTERIAN Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memperkirakan volume sampah selama musim mudik Lebaran hingga balik tahun ini mencapai 16.100 ton per hari. Sampah sebanyak itu terdiri atas styrofoam, kemasan mi instan, botol minuman, gelas plastik, kertas pembungkus makanan, peralat-an makan plastik sekali pakai, dan kemasan plastik.

Direktur Pengelolaan Sampah KLHK Novrizal Tahar menyebutkan, setiap orang rata-rata menghasilkan 0,7 kilogram (kg) per hari. Jumlah tersebut akan terus bertambah jika tidak dikendalikan untuk mengurangi sampah plastik.

Pada musim mudik Lebaran tahun lalu, lanjutnya, KLHK mencatat volume sampah di satu tempat peristirahatan mencapai 10 ton per hari. Jumlah itu bertambah tiga kali lipat dari hari biasa, yakni sekitar 3 ton.

Ia menyebutkan penerapan mudik tanpa sampah plastik pada Lebaran tahun ini lebih baik dari tahun sebelunya. Secara umum koordinasi dan persiapannya jauh lebih baik.

"Tahun ini lebih baik dan lebih siap. Instruksi kami sudah dikoordinasikan lebih awal kepada pemda (pemerintah daerah), jadi pemda punya waktu cukup untuk menerapkannya," ujarnya di Jakarta, kemarin.

Selain kampanye pengurangan sampah plastik yang terus digencarkan, koordinasi dan upaya pemda lebih aktif melakukan pemantauan berbagai lokasi yang dilewati pemudik juga terus didorong. (Sru/H-1)

Baca Juga

Antara

Kemenkes : 87 Tenaga Kesehatan Meninggal Dunia karena Covid-19

👤 Zubaedah Hanum 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 09:05 WIB
LIMA bulan setelah kasus covid-19 di Indonesia pertama kali diumumkan, sudah 87 tenaga kesehatan yang gugur...
Kemenkes

Ini Nama 22 Tenaga Kesehatan di Jatim yang Gugur karena Korona

👤Zubaedah Hanum 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 08:05 WIB
MENTERI Kesehatan RI Terawan Agus Putranto pada Jumat (7/8), menyerahkan santunan kepada keluarga dari 22 tenaga kesehatan di Jawa Timur...
Antara

Madrasah Boleh Belajar Tatap Muka di Zona Kuning Asal...

👤Zubaedah Hanum 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 07:05 WIB
MENTERI Agama Fachrul Razi membolehkan madrasah di zona hijau dan kuning untuk melakukan pembelajaran tatap muka. Namun, ada...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya