Menkeu: Indonesia Akan Batasi Tenaga Kerja Asing

Penulis: Atalya Puspa Pada: Selasa, 11 Jun 2019, 20:27 WIB Ekonomi
Menkeu: Indonesia Akan Batasi Tenaga Kerja Asing

Antara/M. Risyal Hidayat
Menteri Keuangan Sri Mulyani

MENTERIi Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan pemerintah akan berupaya untuk membatasi tenaga kerja asing masuk ke Indonesia.

Hal itu disampaikannya dalam Rapat Paripurna dengan agenda mendengarkan tanggapan pemerintah terhadap pandangan fraksi-fraksi atas Kerangka Ekonomi Makro (KEM) dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (PPKF) Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun Anggaran 2020.

"Penyerapan teknologi melalui proses produksi dan pengetahuan yang dibawa oleh penanaman modal asing (PMA), sejalan dengan pandangan fraksi Gerindra untuk membatasi tenaga kerja asing hanya untuk profesi yang membutuhkan keahlian (skilled job)," ujar Sri di Gedung DPR RI, Selasa (11/6).

Baca juga : Pengendalian Inflasi jadi Fokus Strategi Makroekonomi 2020

Untuk itu, pemerintah akan berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia, serta memanfaatkan bonus demografi yang ada untuk mendorong produktivitas.

"Pendidikan vokasi, pelatihan, sistem magang, serta perbaikan sistem pendidikan sangat diperlukan," katanya.

Di samping itu, dirinya menyatakan pemerintah akan mengoptimalkan kebijakan yang ada untuk mewujudkan hal tersebut, baik dari segi fiskal, tenaga kerja dan sektor riil, sektor keuangan, perdagangan internasional, serta kerja sama dengan otoritas moneter.

"Maka itu dibutuhkan upaya ekstra keras dan sinergi lintas sektoral dari semua komponen bangsa, baik eksekutif maupun legislatif," tutup Sri. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More