Bawa Misi Budaya ke Wina

Penulis: (A-4) Pada: Rabu, 12 Jun 2019, 01:15 WIB Hiburan
Bawa Misi Budaya ke Wina

MI/Sumaryanto
Erwin Gutawa Sumapraja, seorang komponis, konduktor, penata musik, dan bassist asal Indonesiaa

MUSIKUS sekaligus aranger dan pencipta lagu, Erwin Gutawa, tengah menyiapkan konser di Wina, Austria. Konser bertajuk Ethnochestra: A Melody of Friendship itu akan digelar di gedung konser bergengsi, Wiener Konzerthaus, pada 12 Juni 2019.
 
Konser itu digagas Kedutaan Besar Republik Indonesia di Wina, Austria. "Konser ini hasil perbincangan saya dengan Pak Dubes Dr Darmansjah Djumala pada tahun lalu dan terlaksana tahun ini. Untuk judul konser, Pak Dubes sendiri yang memberi ide," kata Erwin Gutawa setibanya di Wina, pada 10 Juni 2019, seperti dikutip Medcom.id, Selasa (11/6).

Sesuai dengan judulnya, konser ini membawa misi budaya menggabungkan etnik Nusantara dengan musik klasik Barat. Dalam hal ini, Erwin mengimplementasikan melalui sejumlah instrumen musik dari berbagai daerah di Indonesia, seperti gamelan Bali, kendang, hingga saluang.
 
Dari segi repertoar, Erwin menyiapkan sejumlah lagu daerah Indonesia dipadu dengan lagu-lagu ‘pop’ karya maestro musik Indonesia yang kental unsur etnik, yaitu Chopin Larung, Pangkur Sagu, Swarna Dwipa, dan Macapat Pangkur.
 
Chopin Larung merupakan lagu karya Guruh Soekarno Putra yang terdapat dalam album legendaris Guruh Gipsy. Banyak kalangan menilai album itu merupakan salah satu album terbaik yang pernah dilahirkan musisi Indonesia.
 
"Untuk memperkuat sound yang ditampilkan, kami membawa instrumen asli Nusantara, untuk mewakili sisi etnik. Intinya adalah kita bercerita indahnya, beragamnya Indonesia dan musik Indonesia," tukas Erwin.
 
Erwin tidak sendiri, kehadirannya ke Wina membawa serta tujuh musikus, tiga penyanyi, dan satu seniman muda multitalenta bernama Woro Mustiko. Woro merupakan remaja yang pada konser ini akan membawakan tembang Macapat Pangkur sekaligus menunjukkan kebolehannya menari dengan mengenakan topeng.
 
Sementara itu, tiga penyanyi lain yang juga tampil ialah Sandhy Sondoro, Gita Gutawa, dan Gabriel Harvianto. Secara kolaboratif para musikus Indonesia ini akan tampil bersama dengan kelompok orkestra Synchron Stage Vienna, yang dipimpin Johannes Vogel.
 
Wiener Konzerthaus ialah salah satu gedung konser klasik terbesar dan prestisius di Austria. Terletak di pusat Kota Wina, gedung yang pertama kali dibuka pada 1913 itu telah menjadi tujuan utama para pencinta musik klasik dunia. Erwin Gutawa menjadi musisi Indonesia pertama yang berhasil menggelar konser di gedung itu. (A-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More