Selasa 11 Juni 2019, 19:30 WIB

Puluhan Ribu Wajah Baru Diprediksi akan Datangi Karawang

Cikwan Suwandi | Megapolitan
Puluhan Ribu Wajah Baru Diprediksi akan Datangi Karawang

cikwan
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Karawang Yudi Yudiawan

 

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karawang, Jawa Barat memprediksi puluhan ribu pendatang baru tiba pada pertengahan tahun ini.

"Hingga Mei ini saja ada sebanyak 10 ribu pendatang yang sudah mendaftarkan diri menjadi penduduk Karawang. Habis Lebaran hingga pertengahan saja pasti bertambah puluhan ribu pendatang baru," kata Kepala Disdukcapil Karawang Yudi Yudiawan, Selasa (11/6).


Yudi menjelaskan para pendatang baru yang sudah ada berasal dari Jawa Tengah, Sumatera, Jawa Timur, dan DKI Jakarta. Karawang menjadi daya tarik karena daerah industri dan upah minimum tinggi.

"Rata-rata yang datang itu usia yang produktif atau mereka yang lulus sekolah," kata Yudi.

Baca juga: Boleh Datang ke Bekasi Asal Terampil

Lebih lanjut, Yudi mengatakan pihaknya sudah menggelar Operasi Simpatik untuk memberi imbauan kepada para pendatang baru agar sudah menyiapkan data kependudukan.

"Selain mereka harus memiliki kemampuan. Mereka juga harus sudah menyiapkan data kependudukan. Karena yang tinggal di Karawang, harus memiliki KTP Karawang," katanya.


Pada tahun lalu, pendatang di Karawang mencapai 27 ribu orang. Namun, angka tersebut relatif menurun dibandingkan angka pendatang baru tahun sebelumnya yang mencapai 30 ribu orang. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More