Selasa 11 Juni 2019, 18:45 WIB

Kehadiran ASN di Hari Pertama Kerja Usai Lebaran Meningkat

Melalusa Susthira K | Humaniora
Kehadiran ASN di Hari Pertama Kerja Usai Lebaran Meningkat

MI/RAMDANI
ASN

 

JUMLAH Aparatur Sipil Negara (ASN) yang masuk pada hari pertama kerja usai lebaran mengalami peningkatan dua kali lipat dibandingkan data yang dirilis kemarin.

Hal itu disampaikan Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kemenpan-RB Mudzakir berdasarkan data yang telah masuk dari 461 instansi pemerintah.

"Posisi saat ini jumlah ASN yang hadir 2.234.940 dari 461 instansi dengan tingkat kehadiran 95%," ujar Mudzakir, Selasa (11/6).

Namun, ia mengingatkan status ketidakhadiran tidak serta merta dikarenakan ASN membolos. Mudzakir menyebut ada alasan-alasan lainnya yang menyebabkan ASN tidak dapat hadir pada hari pertama kerja usai lebaran.

"Yang tidak hadir, tidak pasti bolos, karena ada juga yang tugas belajar, dinas, cuti, sakit dan lain-lain," terang Mudzakir.

Baca juga: Hari Pertama Kerja, Menteri PANRB Pantau Langsung Kehadiran ASN

Ia mengungkapkan jumlah kehadiran ASN tersebut masih terus mengalami perkembangan dikarenakan belum semua instansi pusat atau daerah melengkapi presensi kehadiran. Mudzakir menambahkan, bila semua instansi telah melengkapi daftar hadir maka akan dilakukan proses rekapitulasi, sehingga dapat diketahui total jumlah ASN yang tidak hadir pada hari pertama kerja usai lebaran tersebut.

"Mudahan-mudahan besok selesai, masuk semua, setelah itu proses verifikasi. Nanti semua direkap," pungkas Mudzakir.

Sebelumnya, berdasarkan data yang dihimpun hingga Senin (11/6) pukul 16.00 WIB dari aplikasi http://sidina.menpan.go.id, jumlah ASN yang terdata hadir masih jauh dari jumlah keseluruhan ASN yang mencapai sekitar 4 juta orang. Berdasarkan data dari 326 instansi yang telah masuk dalam akun tersebut, sebanyak 1.371.442 ASN masuk kerja pada hari pertama.(OL-5)

Baca Juga

Ilustrasi

Pakar UGM Prediksi Covid-19 di Indonesia Tuntas Akhir Mei 2020

👤Atikah Ismah Winahyu 🕔Rabu 01 April 2020, 18:07 WIB
“Dengan intervensi pemerintah, total penderita korona positif minimal di sekitar 6.200 di akhir pandemi pada akhir Mei 2020,"...
Shutterstock

Kemenristek/BRIN Tambah Anggaran untuk Riset Covid-19

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Rabu 01 April 2020, 17:54 WIB
Bambang menuturkan, ada tiga target yang harus dicapai oleh konsorsium Covid-19 yakni target jangka pendek, menengah, dan...
MI/SITRIA HAMID

Saudi Minta Tunda Kontrak Layanan, Bukan Tunda Rencana Haji

👤Sitria Hamid 🕔Rabu 01 April 2020, 17:53 WIB
KEMENTERIAN Agama memastikan bahwa Pemerintah Arab Saudi bukan meminta penundaan rencana haji tahun...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya