Selasa 11 Juni 2019, 12:00 WIB

Tiongkok Selatan Dilanda Banjir, Lima Orang Tewas

Antara | Internasional
Tiongkok Selatan Dilanda Banjir, Lima Orang Tewas

AFP/STR
Banjir di Rongan, Guangxi, Tiongkok

 

RIBUAN orang terjebak dan lima lainnya tewas di tengah hujan lebat di seluruh Tiongkok Selatan dan Tengah saat pemerintah mempersiapkan diri untuk menghadapi setidaknya empat hari lagi hujan lebat.

Surat kabar resmi China Daily, Selasa (11/6), melaporkan banjir hingga Senin (10/6) telah merendam 10.800 hektare tanaman dan menghancurkan ratusan rumah di Provinsi Jiangxi.

Sebanyak 1,4 juta orang terkena dampak sementara kerugian ekonomi langsung mencapai 2,65 miliar yuan (sekitar Rp5,4 triliun).

Di wilayah Guangxi di bagian barat daya Tiongkok, 20 ribu rumah tangga tidak memperoleh pasokan listrik. Jalan, jembatan serta prasarana lain rusak parah, kata China Daily.    

Baca juga: Hong Kong Tetap Lanjutkan RUU Ekstradisi

Hujan lebat di Jiangxi mencapai setinggi 688 milimeter (27 inci), demikian pemberitahuan yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Tiongkok.

Hujan di beberapa bagian Jiangxi dan Hunan, kata badan tersebut, telah mencapai rekor tinggi pada Juni.    

Badan Meteorologi mengatakan hujan badai diperkirakan meluas ke Guangdong, Fujian, Jiangxi, Yunnan, Sichuan, dan Taiwan hingga Kamis (13/6).

Badan itu juga memperingatkan pemerintah agar berhati-hati terhadap hujan badai ekstrem dan kemungkinan air sungai kecil meluap dan melewati tanggul dalam beberapa hari ke depan. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More