Selasa 11 Juni 2019, 07:45 WIB

KAI Pasang Badan untuk Eggi Sudjana

Iam/P-3 | Politik dan Hukum
KAI Pasang Badan untuk Eggi Sudjana

MI/Bary Fathahilah
Eggi Sudjana

 

ADVOKAT sekaligus politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Eggi Sudjana mendapat tawaran jaminan penangguh­an penahanan dari beberapa elemen masyarakat, salah satunya dari Kongres Advokat Indonesia (KAI).

Ketua Kongres Advokat Indonesia, Ahmad Yani, mengaku siap jika sewaktu-waktu diperlukan sebagai penjamin penangguhan penahanan bagi tersangka kasus dugaan makar itu.

“Saya siap mengajukan sebagai penjamin. Saya siap kalau Pak Eggi meminta, kan kemarin belum,” kata Ahmad Yani di Polda Metro Jaya, Jakarta, kemarin.

Ia menambahkan bahwa jika mengacu pada KUHAP, penahanan merupakan pengecu­alian, bukan suatu keharusan. Penahanan diperlukan agar tersangka tidak menghilangkan barang bukti, melarikan diri, atau mengulangi perbuatan.

“Kami meyakini Eggi akan mengikuti proses hukum yang ada secara kooperatif. Kalau yang lain-lainnya bisa ditangguhkan, kok saudara Eggi gak bisa?” ujar Yani.

Eggi ditahan di Rumah Tahan­an Negara (Rutan) Polda Metro Jaya selama 20 hari sejak 14 Mei 2019. Ia ditahan karena diduga tersangkut kasus dugaan makar. Dalam suatu kesempatan, di depan massa, Eggi pernah menyerukan people power untuk menjadikan Prabowo Subianto sebagai Presiden RI.

Pihak kepolisian memperpanjang masa penahanan Eggi untuk kurun 40 hari ke depan. Perpanjangan tersebut berlaku sejak 3 Juni 2019. Masa penahanan Eggi tahap pertama harusnya habis pada 2 Juni 2019 lalu.

Penahanan terhadap Eggi merujuk pada Surat Perintah Penahanan bernomor SP.HAN/587/V/2019/Ditreskrimum, tertanggal 14 Mei 2019.
Eggi dilaporkan seorang relawan pendukung pasangan capres-cawapres Jokowi-Amin (Pro Jomac), Supriyanto, ke Bareskrim Polri pada 19 April 2019 dengan tuduhan penghasutan. (Iam/P-3)

Baca Juga

DOK DPR RI

Semangat Para Petani Harus Tetap Terjaga

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Mei 2020, 08:00 WIB
Hero mengimbau BUMN berperan serta membantu mewujudkan kedaulatan pangan yang mandiri, sehingga ke depan harga bahan pangan dalam negeri...
MI/ Adam Dwi

Wapres: Di Balik Kesulitan Pasti Ada Kemudahan

👤Emir Chairullah 🕔Minggu 24 Mei 2020, 20:11 WIB
Dalam khotbahnya, ungkap Masduki, Wapres Ma'ruf menyingung perayaan lebaran tahun ini berada dalam kondisi keprihatinan karena pandemi...
MI/ Adam Dwi

Wapres: Hadapi Pandemi Korona dengan Optimistis

👤Emir Chairullah 🕔Minggu 24 Mei 2020, 19:58 WIB
“Tidak boleh ada pesimisme. Tidak boleh putus asa. Dalam agama tidak boleh berputus asa harus terus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya