Delapan Kegiatan Wajib Usai Berlibur

Penulis: Abdillah Marzuqi Pada: Selasa, 11 Jun 2019, 09:05 WIB Weekend
Delapan Kegiatan Wajib Usai Berlibur

Unsplash/Andy Fitzsimon
Cuci pakaian termasuk hal yang perlu dilakukan selepas berlibur.

Liburan telah usai, tiba saatnya kembali pada rutinitas. Liburan memang selalu indah, itu pula yang membuat sebagian orang sedikit malas ketika harus kembali ke rumah seperti dilansir whatshedesigns.com pada Senin, (10/6). Namun, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meminimalkan efek limbung usai liburan.

1. Buka Jendela Lebar-lebar
Kebanyakan orang meninggalkan rumah saat liburan dengan kondisi jendela tertutup. Pertama yang harus dilakukan ketika masuk rumah adalah dengan membuka semua jendela. Biarkan udara segar dan sinar matahari masuk agar ada sirkulasi udara dan vitamin D. Namun, tentu saja hal ini perlu dipikirkan lagi jika tempat tinggal Anda kebetulan bersampingan dengan jalanan yang bising dan berdebu.

2. Sirami tanaman
Liburan lebih dari seminggu pasti meninggalkan tanaman di rumah. Coba periksa kelembaban tanah dan kondisi tanaman. Jika terlalu kering, segera ambil air untuk menyiram.

3. Keluarkan semua isi tas
Jangan tunggu sampai besok untuk melakukan hal ini. Jika tidak segera dibongkar dan ditata, bersiaplah dengan bingung saat tidak menemukan barang pada tempatnya seperti perlengkapan mandi, dan peralatan elektronik. Segera keluarkan pakaian kotor, begitu pula dengan barang yang cepat busuk ataupun bau jika masih berada dalam tas.

4. Cuci pakaian
Ini juga sangat penting. Jangan biarkan cucian kotor menumpuk apalagi berserakan. Akan menyenangkan rasanya ketika memiliki pakaian bersih dan siap pakai.

5. Seprai bersih
Jika tidak sempat melakukan penggantian seprai sebelum berangkat liburan, segera ganti seprai saat pulang. Seprai bersih sangat membantu tidur nyenyak dan berkualitas. Badan segar sangat penting untuk melakoni aktivitas selanjutnya.

6. Bersihkan kulkas
Di antara banyakl isi kulkas, pasti ada beberapa yang rusak atau kadaluarsa. Segera singkirkan, lalu bersihkan lemari es. Jika perlu, gunakan cairan pembersih atau dengan air hangat.

7. Beli bahan makanan
Setelah mengecek kondisi makanan di kulkas, jangan lupa untuk menambah persediaan bahan makanan. Kulkas bersih akan memudahkan menata bahan makanan baru.

8. Luangkan waktu untuk bersantai
Setelah melakukan semua pekerjaan di atas, bersantailah sejenak. Bisa dengan rebahan, mandi, atau menonton film. Liburan memang sudah berakhir, tapi selalu ada waktu untuk santai dan rileks. (Zuq/M-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More