Senin 10 Juni 2019, 19:00 WIB

BI: Naiknya Peringkat Utang, Karunia untuk Indonesia

Atalya Puspa | Ekonomi
BI: Naiknya Peringkat Utang, Karunia untuk Indonesia

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo

 

GUBERNUR Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengapresiasi naiknya peringkat utang Indonesia oleh lembaga pemeringkat utang Standard and Poor's (S&P) ke level BBB dengan outlook stable pada akhir Mei kemarin.

Dirinya menyatakan, hal tersebut merupakan karunia yang diberikan Tuhan untuk Indonesia.

"Alhamdulullah. Ini adalah karunia Allah SWT yang sangat besar terhadap Indonesia," kata Perry di Gedung BI, Jakarta, Senin (10/6).

Perry menuturkan, naiknya peringkat utang tersebut merupakan bukti tingginya kepercayaan berbagai pihak terhadap perekonomian Indonesia.

Dirinya menilai, ada dua hal yang menonjol. "Pertama, kepercayaan terhadap prospek ekonomi Indonesia. Baik itu prospek jangka pendek, panjang, akan baik," ujarnya.

Baca juga: Level Utang Naik, Potensi Tingkatkan Ekspor Indonesia

Selanjutnya, naiknya peringkat utang Indonesia merupakan respon positif terhadap baiknya koordinasi serta kredibilitas kebijakan Indonesia, baik kebijakan pemerintah, fiskal, serta dengan BI terkait kebijakan moneter di sektor keuangan yang sangat erat.

"Dua hal itu menujukan kepercayaan terhadap lembaga pemerintah sehingga menaikkan peringkat utang Indonesia," pungkasnya.

Untuk diketahui, beberapa waktu lalu lembaga pemeringkat utang Standard and Poor's (S&P) menaikkan kembali peringkat utang (rating) Indonesia satu tingkat menjadi BBB.

Dalam laporannya, S&P menyatakan ekonomi Indonesia secara konsisten lebih baik dari negara-negara lain dengan tingkat pendapatan yang sama. Kenaikan rating S&P merefleksikan prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kuat. (OL-7)

Baca Juga

Istimewa

Covid-19 Tak Halangi Petani Indramayu Panen Raya Padi dan Jagung

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Maret 2020, 13:17 WIB
Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Indramayu Takmid mengatakan Kementan setiap tahun menggelontorkan bantuan untuk Kabupaten...
Antara/Rahmad

Terdampak Covid-19, Pemerintah Siap Beli Produk Perikanan

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 29 Maret 2020, 10:40 WIB
Pasar produk perikanan global ikut terdampak pandemi covid-19. Mengantisipasi turunnya permintaan, pemerintah berencana  membeli...
Dok. Pribadi

Kementan Jamin Kelancaran Distribusi Pangan

👤DESPIAN NURHIDAYAT 🕔Minggu 29 Maret 2020, 06:50 WIB
Karena menyangkut hajat hidup masyarakat, Kementan berupaya pangan sampai ke...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya