Senin 10 Juni 2019, 11:15 WIB

Vettel Terkena Penalti, Hamilton Juara GP Kanada

Despian Nurhidayat | Olahraga
Vettel Terkena Penalti, Hamilton Juara GP Kanada

AFP/Dan Mullan/Getty Images
Lewis Hamilton(kiri) dan Sebastian Vettel

LEWIS Hamilton kembali mempertahankan rekor kemenangan untuk Mercedes pada awal musim, Senin (10/6) dini hari WIB. Ia diberikan kemenangan kontroversial berkat keputusan menghukum Sebastian Vettel di Grand Prix Kanada.

Peraih juara dunia lima kali itu berada pada posisi kedua di belakang Vettel dari Ferrari, tetapi dinyatakan sebagai pemenang karena Vettel dikenai penalti dianggap melakukan pelanggaran balapan.

Vettel kembali melintasi setumpukan rumput di lap 50 dan memaksa Hamilton menyisihkan lintasan menuju dinding. Pembalap asal Inggris tersebut mengerem untuk menarik diri dari tempatnya guna bisa memimpin pertandingan. Hal tersebut mendorong dilakukannnya penyelidikan hingga menghasilkan penalti waktu.

"Dimana aku bisa pergi? Mereka mencuri balapan dari kita," ungkap Vettel.

"Tidak, tidak, tidak, tidak seperti itu. Jika tidak ada tembok, aku akan melewatinya," kata pembalap Inggris tersebut saat Hamilton merayakan kemenangannya.

Baca juga: Hamilton Harap Pole Vettel Jadi Titik Balik untuk Ferrari

Meski begitu, Vettel meminta penyuka Ferrari tidak mencemooh Hamilton.

"Jangan cemooh Lewis, anda harus mencemooh keputusan ini, bukan dia," ungkapnya.

Raihan ini merupakan rekor kemenangan ketujuh Hamilton di Kanada dan yang ke-78 dalam karirnya. Ia pun telah memperpanjang musim pembuka Mercedes untuk tujuh kemenangan beruntun.

Vettel akhirnya berada di peringkat kedua di depan rekan setimnya di Ferrari Leclerc. Di posisi keempat Valtteri Bottas dari Mercedes, kemudian Max Verstappen dari Red Bull dan Daniel Ricciardo dari Renault.

Nico Hulkenberg dari Renault finis ketujuh di depan Pierre Gasly dari Red Bull, pahlawan tuan rumah Lance Stroll dari Racing Point dan Daniil Kvyat dari Toro Rosso.

"Saya hanya ingin mengucapkan terima kasih kepada tim karena kami memiliki masalah mesin setelah kecelakaan saya dan itu bukan cara yang ingin saya lewati," ungkap Hamilton. (AFP/OL-5)

Baca Juga

AFP

NBA Ditarget Rampung 12 Oktober

👤MI 🕔Kamis 04 Juni 2020, 04:55 WIB
NBA disebut tengah menargetkan kompetisi musim 2019/2020 bisa selesai pada 12...
ANTARA

PASI Minta Atlet Latihan dengan Aman

👤MI 🕔Kamis 04 Juni 2020, 04:30 WIB
DI tengah adanya wabah virus korona (covid-19), Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) mengingatkan...
Antara/Raisan Al Farisi

Indah Targetkan Gelar Juara pada Kejuaraan Dunia Junior 2020

👤Deden Muhamad Rojani 🕔Rabu 03 Juni 2020, 19:30 WIB
Penyelenggaraan World Junior Championships 2020 harus diundur. Namun, hal tersebut tak menyurutkan pemain spesialis ganda campuran, Indah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya