Indonesia Bawa Pulang 1 Gelar dari Australia Terbuka

Penulis: (Ant/Mln/R-1) Pada: Senin, 10 Jun 2019, 04:55 WIB Olahraga
Indonesia Bawa Pulang 1 Gelar dari Australia Terbuka

WANG ZHAO / AFP
Anthony Sinisuka Ginting

TIM bulu tangkis ­Indonesia harus puas membawa pulang satu gelar juara dari turnamen Australia Terbuka. Satu-satunya gelar tersebut dipersembahkan Jonatan Christie dari nomor tunggal putra.

Jojo panggilan Jonatan tampil sebagai kampiun setelah mengalahkan rekan sekompatriotnya, Anthony Sinisuka Ginting, dalam all Indonesian finals. Pada partai puncak yang berlangsung di Sydney Olympic Park kemarin, peraih medali emas Asian Games 2018 itu mengalahkan Anthony dengan ­rubber game 21-17, 13-21, 21-14 dalam tempo 1 jam 8 menit.

Kemenangan itu menjadi kemenangan ketiga ­Jonatan atas Anthony. Sebelumnya, dia juga memetik kemenangan atas Anthony di Hong Kong Terbuka.

Selain itu, kemenangan tersebut sekaligus membuat skor mereka di babak final turnamen BWF imbang 1-1. Sebelumnya, Jonatan kandas di tangan Anthony pada final Korea Terbuka 2017.

Menyoal kesuksesan Jonatan itu, pelatih tunggal putra pelatnas Hendry ­Saputra mengaku tidak masalah. Menurut dia, siapa pun yang juara, dia membawa bendera Merah Putih.

“Saya pikir itu soal rezeki. Yang pasti siapa pun yang juara, kita tetap senang karena keduanya merupakan pemain terbaik Indonesia. Kalau dari kekuatan, baik itu teknik, fisik, maupun mental, mereka berimbang. Jadi kembali itu soal keberuntungan,” ujar Hendry.

Indonesia sebenarnya berpeluang mendapatkan satu gelar lagi dari nomor ganda campuran. Sayangnya, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang berlaga di final gagal mengalahkan pasangan unggulan satu asal Tiongkok, Wang Yilyu/Huang Dongping. Mereka menyerah dua gim langsung 15-21 dan 8-21 dalam tempo 35 menit.

Kekalahan dari Wang Yilyu/Dongping itu bukan kali pertama dituai Praveen/Melati. Ganda campuran Indonesia tersebut sudah lima kali dikandaskan pasangan Tiongkok itu.

Sebelum dikalahkan di ­Sydney itu, Praveen/Melati juga takluk dari Wang Yilyu/Dongping di India Terbuka 2019 dan tiga turnamen pada 2018.

Selain ganda campuran, Tiongkok juga meraih gelar dari tunggal putri. Chen Yufei mengalahkan Nozomi Okuhara dari Jepang 21-15, 21-3. Dengan dua gelar juara itu, Tiongkok tampil sebagai juara umum. (Ant/Mln/R-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More