Minggu 09 Juni 2019, 15:05 WIB

Jalur ke Tol Trans Jawa Macet, Polres Banyumas Alihkan Kendaraan

Liliek Dharmawan | Nusantara
Jalur ke Tol Trans Jawa Macet, Polres Banyumas Alihkan Kendaraan

Antara Foto/Saiful Bahri
Ilustrasi kemacetan.

 

PEMUDIK dengan kendaraan pribadi arah Jakarta yang melewati jalur tengah  menuju ke tol Trans Jawa mengalami puncaknya mulai Sabtu hingga Minggu  (8-9/6).

Bahkan, Polres Banyumas menerapkan rekayasa lalu lintas agar kendaraan tidak lewat jalur tengah antara Ajibarang-Bumiayu menuju ke tol Trans Jawa karena terjadi kemacetan.

Kendaraan dari arah Purwokerto yang akan melewati jalur Ajibarang-Bumiayu dialihkan di simpang tiga Ajibarang. Karena terjadi
penumpukan kendaraan di Bumiayu, Brebes, maka Polres Banyumas mengalihkan arus lalu lintas dari Purwokerto ke Jakarta melewati Bandung.

"Di simpang tiga Ajibarang, kami mengarahkan ke arah selatan menuju Wangon lalu menuju Lumbir," jelas Kepala Pos Jaga Simpang
Ajibarang Inspektur Satu Mufti Is Efendi pada Minggu (9/6).

Baca juga: Lalin Lingkar Gentong Atas Padat, Polisi Berlakukan One Way

Kemacetan terjadi akibat volume kendaraan dari arah Yogyakarta, Purworejo, Kebumen dan Banyumas mengalami peningkatan signifikan.
Kendaraan tersebut hampir seluruhnya akan mengarah ke tol Trans Jawa dengan pintu tol di Brebes. Sehingga kendaraan mengalami kemacetan.

Sebelumnya, Polres Banyumas sebetulnya telah menyiapkan rekayasa lalu  lintas untuk menghindari penumpukan kendaraan di jalur tengah penghubung  antara jalur selatan ke pantura atau tol Trans Jawa.

Dua rekayasa itu  adalah kalau ada kendaraan dari arah Buntu melewati Sokaraja, maka akan  diarahkan ke Purbalingga dan Pemalang untuk masuk ke tol Trans Jawa.

Kemudian alternatif kedua adalah kendaraan dari simpang empat Buntu, langsung diarahkan ke jalur selatan menuju Bandung. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More