Minggu 09 Juni 2019, 11:15 WIB

Pemohonan Penangguhan Eggi Sudjana belum Dikabulkan

Rifaldi Putra irianto | Politik dan Hukum
Pemohonan Penangguhan Eggi Sudjana belum Dikabulkan

MI/BARY FATHAHILAH
Tersangka kasus dugaan makar Eggi Sudjana

 

HINGGA saat ini, permohonan penangguhan penahanan menjadi tahanan kota terhadap tersangka kasus dugaan makar Eggi Sudjana belum dikabulkan penyidik.

"Sampai sekarang dari penyidik keputusannya belum mengabulkan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di KM 39 Tol Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, akhir pekan ini.

Mengenai alasan belum dikabulkannya permohonan tersebut, Argo enggan memberikan alasan, menurutnya itu merupakan wewenang penyidik.

"(Alasannya) subyektifitas penyidik," ujar Argo.

Sebelumnya, dua politikus Partai Gerindra Fadli Zon dan Sufmi Dasco Ahmad menjamin penangguhan penahanan untuk Eggi.

Baca juga: Masa Penahanan Eggi Sudjana Diperpanjang 40 Hari

Adapun, Sufmi mengajukan penangguhan penahanan untuk Eggi pada Selasa (4/6). Sebelumnya, dia juga telah melakukan hal sama untuk tersangka dugaan makar Lieus Sungkharisma dan permohonan itu diiyakan.

Eggi ditetapkan sebagai tersangka dugaan makar oleh polisi dengan kecukupan alat bukti, seperti enam keterangan saksi, empat keterangan ahli, beberapa dokumen, petunjuk, dan kesesuaian alat bukti.

Kasus yang menjeratnya bermula dari pidato Eggi pada Rabu (17/4) di depan kediaman capres 02 Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara 4, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dalam pidatonya, Eggi menyerukan ajakan people power di hadapan pendukung kubu Prabowo-Sandi.

Akibat perbuatannya itu, Eggi disangka melanggar Pasal 107 KUHP dan atau 110 KUHP juncto Pasal 87 KUHP dan atau Pasal 14 ayat 1 dan ayat 2 dan atau Pasal 15 Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1946 Tentang Peraturan Hukum Pidana.

Dia diduga melakukan kejahatan terhadap keamanan negara atau makar, menyiarkan suatu berita yang dapat menimbulkan keonaran di kalangan masyarakat, atau menyiarkan kabar yang tidak pasti. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More