Kalahkan Djokovic, Thiem Ciptakan Ulangan FInal Tahun Lalu

Penulis: Ghani Nurcahyadi Pada: Sabtu, 08 Jun 2019, 22:18 WIB Olahraga
Kalahkan Djokovic, Thiem Ciptakan Ulangan FInal Tahun Lalu

AFP/Martin Bureau
Dominic Thiem merayakan kemenangannya

AMBISI petenis nomor satu dunia Novak Djokovic untuk menjadi petenis pria kedua yang mampu menggenggam semua gelar grand slam dalam satu tahun untuk kedua kalinya harus kandas di tangan petenis Austria Dominic Thiem.

Thiem menghentikan langkah Djokovic di semifinal grand slam Prancis Terbuka lewat pertarungan sengit yang berlangsung selama 2 hari akibat sempat tertunda. Unggulan keempat itu menapaki final setelah menang 6-2, 3-6, 7-5, 5-7, 7-5.

Kemenangan tersebut memastikan Thiem akan berjumpa kembali dengan Rafael Nadal di final Ptancis Terbuka, seperti final tahun lalu. Saat itu, Thiem harus mengakui keunggulan raja tanah liat tersebut tanpa menang satu set pun, alias kalah tiga set langsung.

Laga ulangan final itu sekaligus menjadi kesempatan kedua Thiem untuk menjadi petenis Austria kedua yang mampu berjaya di Roland Garros setelah Thomas Muster jadi jawara di Paris pada 1995.

Baca juga : Barty Bertekad Akhiri Puasa Australia di Prancis Terbuka

"Sepertinya semua orang yang ingin menjadi juara di sini (Prancis) harus bisa mengatasi Rafa. Dia adalah favorit juara, tapi saya akan berjuang di lapangan dan lihat apa yang terjadi nanti," kata Thiem soal pertemuannya dengan pemegang 11 juara grand slam Prancis Terbuka itu.

Modal Thiem untuk bisa berjuang melawan Nadal setidaknya sudah ia tunjukkan saat melawan Djokovic. Meski sempat tertunda satu hari akibat badai Jumat (7/6) petang waktu Paris. Thiem tetap mampu meladeni permainan Djokovic.

Pertandingan lanjutan pada Sabtu (8/6) yang dimulai dengan keunggulan Thiem di set ketiga itu pun sempat tertunda kembali lebih dari satu jam akibat hujan. Namun, Thiem menunjukkan determinasinya untuk bisa mengalahkan Djokovic.

"Ini pertanidngan yang menakjubkan dan ini pertama kalinya saya bertanding hingga lima set di Roland Garros. Ini hal yang baik bagi semua pihak," kata petenis 25 tahun itu.

Laga final Prancis Terbuka akan berlangsung pada Minggu (9/6) waktu setempat dengan Nadal yang memiliki waktu istirahat yang lebih banyak dari Thiem. (AFP/OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More