Sabtu 08 Juni 2019, 22:30 WIB

Arus Balik Meningkat, Ruas Salatiga-Bawen Belaku Contra Flow

Achmad Safuan | Nusantara
Arus Balik Meningkat, Ruas Salatiga-Bawen Belaku Contra Flow

Antara/Aloysius Jarot Nugroho
Antrean kenadaraan di ruas tol Solo-Semarang

 

MALAM ini Sabtu (8/6) diperkirakan menjadi puncak arus balik lebaran, ratusan ribu kendaraan sudah memenuhi Jalan Tol Trans Jawa dan Jalur Pantura sejak sore, petugas kepolisian pun menerapkan contra flow di tol ruas Solo-Semarang akibat kepadatan kendaraan di jalur itu.

Pantauan Media Indonesia hingga Sabtu (8/6) petang, ratusan ribu kendaraan arus balik telah memenuhi Jalan Tol Trans Jawa ruas Solo-Semarang, terutama mulai Salatiga-Bawen sehingga petugas kepolisian yang sudah bersiaga sejak pagi menerapkan sistem contra flow untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas.

Ketersendatan di ruas Tol Trans Jawa tidak hanya sampai disitu, kendaraan harus berjalan merambat sepanjang ruas GT Banyumanik hingga Tembalang dengan kecepatan rata-rata 20 kilometer per jam, hingga kemudian kembali lancar menuju ke GT Kalikangkung untuk terus melaju ke arah Jakarta.

Baca juga : Pengiriman Sepeda Motor Gratis dari KAi Diminati Pemudik

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan terjadi dinamika arus balik lebaran hari ini, jika sebelumnya diprediksikan puncak arus balik terjadi besok Minggu (9/6), namun berubah diperkirakan akan berlangsung malam ini.

Kemarin saat puncak arus mudik lebih dari 400 ribu kendaraan melintas di ruas Semarang-Solo, kita antisipasi pada puncak arus balik besok, tapi hari ini pergerakan  jumlah kendaraan cukup besar sudah terlihat," kata Budi saat lakukan peninjauan di GT Banyumanik, Semarang Sabtu (8/6).

Melihat gerakan jumlah kendaraan di ruas Tol Trans Jawa ini, demikian Budi Karya, Dirlantas Polda Jawa Tengah telah mengambil langkah tepat dengan menerapkan sistem contra flow di ruas Salatiga-Bawen, sehingga lalulintas lancar dan tidak sampai terjadi kemacetan panjang hingga sampai ke gerbang tol berikutnya.

Direktur Lalulintas Polda Jawa Tengah Kombes Rudi Antariksa mengatakan peningkatan jumlah kendaraan di Tol Trans Jawa ruas Salatiga-Bawen mulai terlihat pada pukul 16.45 WIB.

"Kita langsung terapkan sistem contra flow di ruas itu," tambahnya.

Setelah penerapan contra flow di ruas tersebut, ujar Rudi Antariksa, selanjutnya  kendaraan didorong hingga percepatan aliran kendaraan sampai di GT Banyumanik dan kemudian sampai di GT Kalikangkung dan mulai dari situ diterapkan sistem one way. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More