Sabtu 08 Juni 2019, 21:45 WIB

Lalin Lingkar Gentong Atas Padat, Polisi Berlakukan One Way

Kristiadi | Nusantara
Lalin Lingkar Gentong Atas Padat, Polisi Berlakukan One Way

MI/Kristiadi
Polisi Belakukan One Way di Jalur Lingkar Gentong Atas

 

KEPADATAN arus balik kendaraan pemudik di jalur Lingkar Gentong Atas, Tasikmalaya, Jawa Barat mulai terasa. Jajaran Kepolisian pun telah memberlakukan kebijakan satu arah (one way) untuk mengatasi kepadatan tersebut.

Bahkan, pihak kepolisian telah melakukan tiga kali rekayasa lalu lintas pada Sabtu (8/6) untuk mengurai kepadatan lalu lintas.

Kasat Lantas Polres Tasikmalaya Kota AKP Andriyanto mengatakan, kepadatan kendaraan terpantau dari arah Tasikmalaya menuju Bandung

"Peningkatan arus lalulintas yang melalui arah Tasikmalaya menuju Bandung meningkat dan dari arah Bandung ke Tasikmalaya juga sama mengalami kemacetan terutama di ruas Jalan Garut, Lewo dan Malangbong hingga selama satu hari diberlakukannya tiga kali satu arah (One Way). Sedangkan, kami juga berupaya melakukan koordinasi dengan Polres Ciamis, Polres Garut dan Polres Tasikmalaya supaya mengalihkan arus kendaraan," katanya.

Baca juga : Volume Kendaraan di Jalur Utama Cianjur Mulai Terpantau Padat

Andriyanto mengungkapkan, dari koordinasi tersebt, tercipta kesepakatan, terutama di Jalur Limbangan sampai Ciawi supaya semua kendaraan harus dilakukan pengalihan arus ke jalur alternatif agar tidak terjadi penumpukan

Meski demikian, kepadatan yang terjadi di jalur Lingkar Gentong pada Sabtu (8/6) tidak separah kepadatan pada Jumat (7/6) yang ekor kemacetannya mencapai perbatasan Ciamis.

"Untuk kepadatan arus balik kemarin memang lebih parah, karena arus kendaraan ekornya itu sudah menuju perbatasan Ciamis menuju arah Limbangan dengan jarak 45 kilometer. Namun, kepadatan sekarang ini dimulai dari ruas Jalan BKL dan tentunya kondisi sekarang berada di Gentong atas sudah teruai setelah dilakukan one way meski Gentong bawah ramai lancar," ujarnya.

Menurutnya, rekayasa arus kendaraan bila terjadi kemacetan di Gentong Atas akan dilakukan jika ekor kemacetan berada di Ciawi. Saat itu akan diberlakukan pengalihan arus dimulai dari Alun-alun Ciamis melalui Jalan Kawali, Panawangan, Cikijing dan masuk melalui arah Majalengka menuju Tol Cipali. Pengalihan itu diberlakukan pada Siang dan malam hari.

Sedangkan, arus kendaraan dari arah Kota Tasikmalaya dialihkan melalui Jalan Singaparna, Bojongkoneng, Mangunreja, Salawu menuju arah Garut.

"Untuk mengalihan arus kendaraan terutama di Jalan Cihaurbeuti akan diberlakukan pada Siang hari yang melalui Panjalu, Sukamanteri, Jahim, Cikijing menuju Majalengka dan nanti memasuki Jalan Tol Cipali tapi semuanya tak diberlakukan pada malam hari. Karena, kondisi jalan sempit dan tidak ada penerangan jalan umum (PJU) termasuknya melalui ruas Jalan Kawali tersebut," pungkasnya. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More