Sabtu 08 Juni 2019, 10:45 WIB

PBB Sebut 4 Juta Warga Mengungsi dari Venezuela

Antara | Internasional
PBB Sebut 4 Juta Warga Mengungsi dari Venezuela

AFP/Juan BARRETO
Sejumlah warga Venezuela menyeberangi perbatasan memasuki Kolombia.

 

SEBANYAK 4 juta orang asal Venezuela telah meninggalkan negara mereka yang dilanda krisis ekonomi dan kemanusiaan. Hal itu dikatakan badan-badan bantuan PBB, Jumat (7/6).   

Dikatakan, sekitar 700.000 di antara mereka meninggalkan Venezuela pada akhir 2015 lalu.    

Kekurangan makanan pokok dan obat-obatan telah meluas di negara anggota OPEC itu sementara permusuhan politik telah mengarah kepada gelombang kekerasan yang fatal.    

Krisis telah semakin mendalam sejak Amerika Serikat (AS) memberlakukan sanksi-sanksi, termasuk atas industri perminyakan yang vital di negara itu, dalam usaha menggulingkan Presiden Nicolas Maduro yang beraliran kiri dan sebaliknya mendukung pemimpin oposisi Juan Guaido.    

"Arus orang-orang meninggalkan Venezuela mengagetkan," kata Badan Pengungsi PBB (UNHCR) dan Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) dalam pernyataan bersama.    

Baca juga: Menteri Energi Venezuela Dipecat Karena Sering Mati Listrik

PBB telah mengeluarkan angka sebelumnya yang mencapai 3,7 juta dan angka yang baru mengkhawatirkan.. Karena itu diperlukan dukungan bagi negara-negara penerima pengungsi terutama di Amerika Latin seperti Kolombia yang menampung 1,3 juta, disusul Peru, Ekuador, Brasil, dan Argentina.  

Presiden Peru, Kamis (6/6), berjanji akan terus mendeportasi warga negara Venezuela yang memiliki catatan kejahatan bila perlu, bagian dari sikap tegas terhadap para migran.    

Sebanyak 3,2 juta anak-anak di Venezuela atau satu di antara tiga  memerlukan bantuan kemanusiaan, kata Dana Anak-Anak PBB (UNICEF) dalam pernyataan terpisah, Jumat (7/6).    

Tingkat kematian di antara anak-anak balita dua kali lipat dari 14 per 1.000 kelahiran hidup pada 2010/2011 jadi 31 per 1.000 kelahiran hidup pada 2017, kata juru bicara UNICEF Christophe Boulierac dalam satu taklimat. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More