Theresa May Mundur Sebagai Ketua Partai Konservatif

Penulis: Basuki Eka Purnama Pada: Jumat, 07 Jun 2019, 11:49 WIB Internasional
Theresa May Mundur Sebagai Ketua Partai Konservatif

AFP/KERRY DAVIES
Theresa May

PERDANA Menteri Inggris Theresa May, Jumat (7/6), mengundurkan diri sebagai ketua Partai Konservatif.

May akan tetap menjadi perdana menteri Inggris hingga pemimpin baru Partai Konservatif terpilih, kemungkinan pada Juli mendatang. Namun, dia telah menyerahkan kendali proses keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit).

Brexit dijadwalkan pada 31 Oktober namun rencana perceraian yang telah disepakati dengan Brussels tersangkut di parlemen Inggris.

May menjabat pada 2016 setelah referendum yang menyepakati Inggris akan meninggalkan Uni Eropa. Selama tiga tahun terakhir, dia bekerja untuk mewujudkan hal itu dengan menunda Brexit sebanyak dua kali.

Baca juga: Trump Sarankan Brexit tanpa Kesepakatan

Namun, dia akhirnya menyerah dengan memberikan pidato pengunduran diri pad abulan lalu, puncak dari gejolak politik yang secara perlahan memangkas otoritasnya.

Sebanyak 11 anggota parlemen Partai Konservatif kini bersaing untuk menggantikan May termasuk Menteri Luar Negeri Boris Johnson. Namun, beberapa orang diperkirakan akan mengundurkan diri sebelum tenggat pada Senin (10/6).

Pemenang persaingan itu akan memiliki beberapa bulan untuk memutuskan apakah mereka akan mencoba menyelamatkan rencana May untuk menunda Brexit atau meninggalkan Uni Eropa tanpa kesepakatan apa pun. (AFP/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More