Kamis 06 Juni 2019, 19:50 WIB

Pendukung Timnas Inggris Provokasi Portugal

Cahya Mulyana | Sepak Bola
Pendukung Timnas Inggris Provokasi Portugal

AP
ilustrasi suporter inggris

 

PENDUKUNG timnas Inggris bentrok dengan polisi anti huru-hara jelang semifinal Inggris lawan Belanda pada semifinal Liga Negara-negara EUFA di Portugal, Rabu (6/6). Atas kejadian ini federasi sepak bola Inggris, FA, mengutuk keras kebiasaan buruk yang harusnya sudah sirna karena bertentangan dengan semangat yang diusung dalam permainan itu.

Kejadian itu bermula saat laga Portugal melawan Swiss yang berakhir dengan kemenangan dan skor 3-1. Pendukung Tiga Singa memprovokasi dengan melemparkan botol ke penggemar Portugal yang tengah merayakan timnya masuk final dan akan menghadapi pemenang dari laga Inggris melawan Belanda.

Baca juga: Cedera, Neymar Dipastikan Absen di Copa America

Padahal sepekan sebelumnya, FA telah meluncurkan kampanye jangan bertindak bodoh. Tujuannya untuk mendewasakan pencinta sepak bola dan menggerus kebiasaan buruk seperti berbuat onar saat permainan itu dilangsungkan.

"FA mengecam keras adegan yang disaksikan di Porto tadi malam (Kamis 6/6 WIB)," ungkap rilis resmi FA dilansir dari BBC Sport, Kamis (6/6).

Menurut FA, lembaga penegak hukum berhak menindak siapapun yang disinyalir menjadi pelaku insiden memalukan Negeri Ratu Elizabeth itu. FA akan mendukung pengusutan kasus ini supaya masyarakat yang mencintai sepak bola tidak ada lagi yang berani lagi untuk berbuat hal yang tidak terpuji semacam itu.

"Siapa pun yang bertanggung jawab atas gangguan ini tidak dapat dilihat sebagai pendukung Inggris sejati dan tidak diterima dalam sepak bola. Mereka memalukan bagi tim dan ribuan penggemar yang berperilaku baik yang mengikuti Inggris dengan cara yang benar," pungkasnya.

Wakil kepala Kepolisian Portugal Mark Roberts mengatakan polisi anti huru-hara Portugis dikerahkan di alun-alun utama Porto melawan sekelompok penggemar Inggris pada Rabu (5/6) malam waktu setempat.

Baca juga: Juara Liga Champions Afrika Dibatalkan

"Perilaku sejumlah kecil penggemar Inggris di sini terus menodai reputasi penggemar sejati yang hanya mencoba untuk menikmati sepak bola," kata Roberts.

"Diyakini para penggemar melempar botol kepada para penggemar Portugal yang menonton pertandingan di area yang sama. Perilaku yang kami saksikan sangat mengecewakan dan sekali lagi saya akan mengarahkan penggemar ke video terbaru dari FA yang mengusung kampanye jangan berbuat hal bodoh," pungkasnya. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More