Waspada Ciri-Ciri Pintu Geser Elektrik Mulai Rewel

Penulis: Ekawan Raharja Pada: Kamis, 06 Jun 2019, 03:30 WIB Otomotif
Waspada Ciri-Ciri Pintu Geser Elektrik Mulai Rewel

Dok. Toyota
Ciri-Ciri Pintu Geser Elektrik Mulai Rewel

MOBIL dengan model Multi purpose vehicle (MPV) boxy dikenal punya nilai fungsionalitas dan kepraktisan yang tinggi, salah satunya dengan aplikasi pintu geser elektrik untuk mempermudah akses ke dalam/keluar mobil. Meski demikian, pintu geser elektrik butuh perawatan agar dapat bekerja optimal mengingat mekanisme penggeraknya lebih rumit ketimbang pintu biasa.
 
Cara kerja pintu geser elektrik tidak sesederhana pintu biasa yang hanya bermodalkan engsel. Ada banyak tambahan komponen yang diterapkan, mulai dari roller, rel, pengunci, dan juga motor penggerak pintu. Layaknya mekanisme elektronik lainnya, kamu bisa saja menemui masalah pada pintu geser elektrik. Selain debu dan kotoran, air juga menjadi musuh bagi pemilik mobil dengan sliding door.
 
Untuk mendeteksi masalah pada pintu geser elektrik, berikut ini beberapa ciri-ciri masalah yang perlu perhatikan:

Banyak debu di engsel pintu
Meski penggunaan pelumas jadi solusi tepat untuk melancarkan gerak pintu geser elektrik, pelumas yang salah malah akan merusak sistem pintu geser elektrik. Gunakanlah pelumas yang berbeda untuk bahan plastik ataupun bahan besi. Selain itu, penggunaan pelumas yang terlalu banyak malah membuat debu menempel di engsel dan rel pintu sehingga bikin macet.
 
Air menyelinap masuk lewat celah pintu

Bila air hujan bisa masuk ke dalam mobil melalui celah pada pintu, itu artinya pintu geser elektrik bermasalah. Hal ini umumnya bisa terjadi karena sobeknya karet pintu sehingga menghasilkan lubang maupun celah pada engsel pintu.

Perlu memperhatikan kondisi karet pintu dan mengganti karetnya jika sudah tidak layak pakai. Jika kondisi ini dibiarkan, air hujan yang mengendap dapat menimbulkan karat dan menyebabkan kerusakan permanen pintu mobil.
 
Suara berdecit saat dioperasikan
Jika pintu geser elektrik di mobil sering mengeluarkan bunyi berdecit, artinya ada masalah pada rel maupun bantalan pintu. Kedua faktor tersebut biasanya disebabkan mulai aus akibat usia pemakaian. Cara mengatasi hal tersebut cukup dengan pelumasan pada bagian rel pintu geser.
 
Gerakan buka tutup jadi lambat
Pintu geser elektrik digerakkan tenaga mesin yang berasal dari aki mobil, jadi sangat wajar bila gerak tenaga pintu mengikuti daya aki mobil. Nah, kalau pintu geser elektrik mulai terasa seret, biasanya hal ini disebabkan pintu yang terlalu sering buka dalam keadaan mobil mati.
 
Pintu sulit mengunci
Masalah tersebut umumnya disebabkan kebiasaan menutup pintu terlalu keras. Masalah ini juga bisa terjadi jika sering membuka pintu dengan kasar. Entakan atau benturan yang keras dan berulang berpotensi membuat kunci dan pengait pintu kendor. Membuka pintu mobil dengan hati-hati merupakan cara yang tepat agar pintu geser elektrik mobil Anda lebih awet.
 
Jika Anda menemui satu atau beberapa ciri di atas, segera laporkan pada servis ke bengkel resmi agar bisa segera diperbaiki. Apalagi pintu geser elektrik punya mekanikal yang kompleks dan menyulitkan kalau dibiarkan saja.  (Medcom/OL-9)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More