Kamis 06 Juni 2019, 02:30 WIB

Bahaya Memasukkan Irisan Lemon ke dalam Minuman

Dhaifurrakhman Abas | Humaniora
Bahaya Memasukkan Irisan Lemon ke dalam Minuman

the spruce eats
Buah Lemon

 

MEMASUKKAN potongan kecil buah lemon dalam minuman teh, atau air mineral, mungkin menjadi pilihan tepat. Selain bikin tampilannya yang semakin terlihat lebih menggoda, sensasi kecut yang dihasilkan lemon berhasil membuat minuman tersebut semakin nikmat.
 
Tetapi berhati-hatilah. Meski memiliki banyak manfaat, memasukkan irisan lemon dalam minuman bisa berakibat fatal buat tubuh. Terlebih lagi jika Anda mengonsumsi minuman hasil racikan orang lain atau bartender dari restoran atau kafé yang belum terjamin kebersihannya.
 
Pasalnya, menurut sebuah penelitian yang dituangkan dalam Journal of Environmental Health melaporkan bahwa, terdapat 76 buah lemon dari setiap 27 restoran yang telah terpapar kuman dan benda kotor lainnya. Hal ini akan membuat penyakit jika dikonsumsi oleh manusia.

Laporan yang diterbitkan tahun 2007 lalu itu juga menyebutkan bahwa hampir 70 persen irisan lemon mengandung virus, bakteri, dan mikroba lainnya. Termasuk bakteri Escherichia coli, atau biasa disingkat E. coli.
 
Studi ini membuktikan fakta baru. Lemon tampaknya juga bisa terinfeksi. Meskipun khasiat buah lemon dipercaya mampu membunuh beragam kuman dan penyakit. Sementara kandungan vitamin C yang tinggi pada buah citrus ini disebut-sebut mampu meningkatkan daya tahan tubuh.
 
Dalam penelitian ini mengungkapkan bahwa irisan lemon dalam minuman kemungkinan memiliki jumlah bakteri jauh lebih banyak ketimbang yang terdapat pada makanan di piring. Apalagi dalam beberapa penyelidikan media, banyak ditemukan pekerja restoran sering memotong irisan lemon tanpa sarung tangan.
 
Adapula penemuan yang mana, pekerja restoran hanya membilas kulit alih-alih memberikan scrub yang baik untuk setiap buah. Hal ini mengakibatkan kuman dan bakteri di tangan mereka kemungkinan akan ditransfer ke lemon yang ditawarkan kepada konsumen.
 
Untuk itu, ada baiknya Anda tidak lagi mencampurkan lemon ke dalam minuman yang akan dikonsumsi. Anda hanya disarankan memeras jusnya dan kemudian sisihkan irisan beserta kulitnya. Namun yang perlu diingat, Anda harus mencuci buah tersebut sampai benar-benar bersih sebelum menaruhnya di gelas Anda.  (Medcom/OL-9)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More