Kamis 06 Juni 2019, 02:00 WIB

Mengunyah Makanan 30 Kali Bantu Menurunkan Berat Badan?

Torie Natalova | Humaniora
Mengunyah Makanan 30 Kali Bantu Menurunkan Berat Badan?

Ilustrasi
Mengunyah makanan

 

ANJURAN mengunyah makanan adalah sekitar 30-32 kali gigitan. Namun, sebagian besar orang terburu-buru ketika makan atau tidak fokus saat mengunyah. Tanpa disadari, mengunyah dapat memengaruhi pencernaan Anda.
 
Meskipun terdengar sulit untuk mengunyah makanan dengan lambat karena aktivitas yang sangat padat, mengunyah makanan setidaknya 30 kali atau sampai lembut dapat membantu Anda menyaring lebih banyak nutrisi dari makanan. Selain itu, ini dapat menjaga proses pencernaan Anda berjalan dengan lancar.

Anda terkadang mungkin hanya mengunyah satu kali atau lima kali saja setiap makan, yang cukup membuat Anda bisa menelan tanpa tersedak.
 
Menurut ahli pencernaan Robyn Youkilis, air liur memiliki enzim pencernaan dan ketika Anda tidak mengunyah makanan hingga lembut, Anda melewatkan bagian penting dari proses pencernaan Anda.
 
Kurang mengunyah makanan hingga cair, pada akhirnya dapat menyebabkan masalah perut seperti kembung, sembelit dan bahkan naiknya asam lambung. Kondisi-kondisi ini dapat terjadi karena sisa dari sistem pencernaan Anda harus melakukan lebih banyak pekerjaan.
 
Mengunyah makanan setidaknya 30 kali benar-benar dapat membuat Anda melambat saat makan, fokus atau makan dengan penuh perhatian untuk mengunyah hingga setidaknya 30 kali.

 

Mengunyah dengan benar bantu tubuh bakar kalori
Selain dapat membantu meningkatkan pencernaan menjadi lebih baik, mengunyah lebih lama dapat membantu mengendalikan berat badan Anda. Menurut sebuah penelitian, orang gemuk cenderung mengunyah makanannya lebih sedikit daripada orang yang lebih kurus. Penelitian lain menyebutkan, mengunyah makanan lebih banyak membantu tubuh membakar lebih banyak kalori.
 
Ada tips mudah untuk membantu Anda mengunyah makanan lebih banyak saat Anda tidak memiliki banyak waktu ketika makan. Ketika makan dengan kondisi sadar selama beberapa menit di awal makan Anda, mulailah dengan mengunyah setidaknya 15-20 gigitan per suap dan secara bertahap meningkat dari waktu ke waktu.
 
Tidak perlu menghitung jumlah kunyahan Anda, cukup merasakan makanan berubah menjadi lebih cair sebelum menelannya. Cobalah cara ini selama seminggu, dan rasakan perubahannya.  (Medcom/OL-9)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More