Rabu 05 Juni 2019, 17:20 WIB

Soal Dana Arron Bank, UE Beri Farage Waktu 24 Jam

A Wahyu Kristianto | Internasional
Soal Dana Arron Bank, UE Beri Farage Waktu 24 Jam

AFP
Email publik, faktur dan dokumen menyatakan bahwa Bank (paling kiri) telah menanggung biaya Farage (tengah) pada saat referendum Brexi.

 


NIGEL Farage telah diberikan 24 jam oleh parlemen Eropa untuk menjelaskan secara langsung kegagalannya untuk menyatakan pengeluaran mewah yang didanai oleh Arron Banks, seorang taipan asuransi yang sedang diselidiki oleh Badan Kejahatan Nasional Inggris.

Panggilan datang hanya dua jam sebelum pemimpin partai Brexit tiba di kediaman duta besar AS di London untuk pertemuan dengan Donald Trump selama kunjungan kenegaraan presiden AS ke Inggris.

Bulan lalu, Channel 4 News mengungkapkan email, faktur dan dokumen yang menunjukkan bahwa Banks telah menanggung biaya Farage untuk rumah Chelsea £ 13.000 sebulan di tahun referendum Brexit, kunjungan ke AS dan mobil yang dikemudikan sopir. Jika Farage gagal meyakinkan parlemen tentang alasannya tidak menyatakan pendanaan Bank, ia berpotensi kehilangan hak untuk membuat pidato kemenangan di majelis pada bulan Juli sebagai kepala kelompok parlementernya.

Tidak ada donasi yang diumumkan ke parlemen Eropa terlepas dari kode etik Parlemen Eropa yang menyatakan bahwa semua anggota harus menyatakan biaya perjalanan, akomodasi, atau subsisten dari pihak ketiga.

Presiden parlemen Eropa, Antonio Tajani, telah merujuk masalah ini ke komite dari lima anggota parlemen yang bertindak sebagai pengawas atas kode etik parlemen. Mereka bertemu pada hari Selasa untuk menyetujui tenggat waktu yang luar biasa singkat untuk Farage untuk menjelaskan kegagalan untuk menyatakan biaya pada sidang di Brussels pada hari Rabu.

Farage, yang menghasilkan € 102.000 (£ 90.000) setiap tahun sebagai MEP dan menerima hingga € 700.000 dari penampilan media pada 2014-18, mengatakan kepada Guardian bahwa ia tidak berniat menghadiri sidang.

“Aku tidak akan hadir dalam waktu sesingkat itu. Dan jika mereka berusaha menghalangi saya dari gedung, siapa lagi yang memberi suara kepada ribuan orang yang memilih saya? Apakah ini gaya demokrasi EU?," tegas Farage. (TheGuardian/I-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More