Selasa 04 Juni 2019, 12:45 WIB

Pelaku Bom Kartasura Terpapar Paham ISIS

Putri Anisa Yuliani | Politik dan Hukum
Pelaku Bom Kartasura Terpapar Paham ISIS

MI/Susanto
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo.

 

PIHAK kepolisian menduga pelaku pengeboman di dekat Pos Polisi Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah bernama Rofik Asharuddin terpapar paham Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

"Dari hasil pemeriksaan, pelaku ini adalah pelaku bom bunuh diri. Yang bersangkutan secara individu terpapar paham ISIS, sedang didalami," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (4/6).

Baca juga: Ledakan di Pos Polisi Kartasura, Satu Orang Terkapar Dekat Lokasi

Dedi mengatakan, belum ada indikasi yang menunjukkan bahwa pelaku terkait dengan jaringan teroris tertentu. Polisi masih terus mendalami keterkaitan pelaku dengan jaringan-jaringan teroris yang ada. "Belum ada indikasi keterkaitan masalah yang bersangkutan ikut dalam satu jaringan, baik JAD Jateng atau jaringan lain," tandasnya.

Bom yang diledakkan pelaku adalah bom berdaya ledak rendah atau low explosive. Kesimpulan itu berdasarkan temuan tim Labfor dan tim Densus soal serbuk di tubuh pelaku, TKP, dan hasil penggeledahan di rumah orang tua pelaku yang identik.

Berdasarkan keterangan dari tim dokter, Dedi menyebut, kondisi pelaku saat ini berangsur pulih. Tim akan mendalami terkait motif peledakan bom setelah pelaku sembuh.

"Yang bersangkutan kondisi kesehatannya cukup stabil dan bisa berkomunikasi ini masih dilakukan perawatan," kata Dedi

Sebelumnya, terjadi ledakan di Pos Polisi Kartasura, Sukoharjo pada Senin (3/6) pukul 22.30 WIB. Tak ada korban jiwa akibat ledakan itu. Hingga saat ini, pelaku masih dirawat di RS dan mulai membaik serta bisa diajak komunikasi.(OL-6)

Baca Juga

DOK DPR RI

KPPA Harus Deteksi Anak Terpapar Covid-19 di Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 10 April 2020, 17:00 WIB
Yandri menyampaikan, saat ini kasus positif virus korona sebanyak 3.293 pasien. Dari data tersebut, KPPPA harus mampu mendeteksi jumlah...
DOK DPR RI

Ciptakan Stabilitas Harga, Bulog Diminta Gelar Operasi Pasar

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 10 April 2020, 15:25 WIB
Menjelang Ramadan dan Idul Fitri ini, jangan sampai ada pihak spekulan yang mengambil keuntungan besar dalam kondisi seperti...
Antara

Jokowi: Mari Hadapi Pandemi Ini dengan Kebersamaan

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Jumat 10 April 2020, 14:52 WIB
Menurut Presiden, pandemi yang dihadapi ini merupakan ujian berat bagi bangsa yang memerlukan kebersamaan, gotong-royong, dan disiplin...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya