Senin 03 Juni 2019, 22:30 WIB

Aplikasi DMI Mudahkan Pemudik Beribadah

Antara | Teknologi
Aplikasi DMI Mudahkan Pemudik Beribadah

Dok. Dewan Masjid Indonesia
Aplikasi Dewan Masjid Indonesia

DALAM rangka memudahkan para pemudik untuk beribadah selama perjalanan, Dewan Masjid Indonesia (DMI) menghadirkan aplikasi yang memberikan beragam manfaat bagi para pemudik, diantaranya membantu mereka mencari masjid terdekat, waktu sholat, dan arah kiblat, serta ramalan cuaca selama perjalanan.

Selain dapat membantu pengguna mencari masjid terdekat dan waktu sholat, aplikasi ini pun dapat digunakan untuk mencari dan mengundang Da'i secara real-time sehingga sangat menghemat waktu, tenaga dan biaya.

Aplikasi DMI merupakan terobosan inovasi Wakil Presiden RI Jusuf Kalla selaku Ketua Umum Dewan Indonesia (DMI) dalam rangka Memakmurkan dan Dimakmurkan oleh Masjid melalui digitalisasi ekosistem Masjid, Umat dan Da'i.

Baca juga : Jumlah Laka Hingga H-3 Lebaran 2019 Turun 60%

Ketua Departemen Kominfo, Arsitektur Masjid dan Infrastruktur, Pengurus Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Achmad Sugiarto mengatakan, kegiatan-kegiatan masjid juga dapat dimasukkan ke dalam aplikasi ini, sehingga kegiatan masjid tersebut dapat diketahui oleh khalayak yang lebih luas.

"Hal ini juga mendorong terciptanya digitalisasi masjid nasional secara menyeluruh," ujar pria yang akrab disapa Anto ini.

Selain itu, terdapat pula program-program menarik dari aplikasi DMI, yakni program BUKBER atau Bulan Kita Berbagi dimana DMI bekerjasama dengan PKPU dalam penggalangan dana yang akan dibelikan paket buka puasa hingga paket lebaran bagi mereka yang membutuhkan.

Aplikasi ini pung menghadirkan program CloudA.id selama bulan Ramadhan dan Syawal yang dapat dimanfaatkan oleh para startup Muslim untuk mengembangkan inovasinya.

"Dan yang ketiga program Kegiatan Kreatif Masjid, dimana para remaja masjid seluruh Indonesia berkompetisi untuk menambahkan kegiatan kreatif masjidnya pada aplikasi Dewan Masjid dalam rangka mendukung digitalisasi masjid," tukasnya. (Ant/OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More