Senin 03 Juni 2019, 17:05 WIB

Level Utang Naik, Potensi Tingkatkan Ekspor Indonesia

Atalya Puspa | Ekonomi
Level Utang Naik, Potensi Tingkatkan Ekspor Indonesia

ist
ari kuncoro

 

MEMBAIKNYA peringkat utang jangka panjang Indonesia ke level BBB membuat Indonesia memperoleh status laik investasi. Hal tersebut memberikan dampak positif bagi Indonesia di tengah kondisi perekonomian global yang tak menentu.

Ekonom dari Universitas Indonesia Ari Kuncoro menyatakan terdapat hal yang harus diperhatikan pemerintah untuk mendorong derasnya investasi asing yang masuk ke Indonesia.

Baca juga: 4 Langkah Dorong Investasi Asing Masuk ke Indonesia

"Untuk melihatnya adalah kemampuan membayar. Kalau dilihat dari data itu, kita dengan segala problemnya masih bisa bayar," kata Ari kepada Media Indonesia, Senin (3/6).

Dirinya menjelaskan, dengan kembali sengitnya perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok, akan terjadi perubahan arus dana internasional. Dengan begitu, investor asing akan mencari tempat investasi baru, yakni negara-negara berkembang yang memiliki prospek baik.

Kondisi tersebut kemudian akan menguntungkan Indonesia sebagai negara berkembang dengan level BBB, yang artinya akan menjadi salah satu negara yang dipertimbangkan oleh investor. Hal tersebut dinilainya baik untuk meningkatkan kapasitas ekspor Indonesia.

"Dengan begitu, Indonesia bisa mengekspor dengan melalukan diskon produknya. Karena sebagian besar biaya produksi sudah bisa ditanggung dalam negeri. Bukan berarti dumping tapi berarti sudah kompetitif karena di dalam negeri laku," tuturnya.

Dengan naiknya peringkat tersebut, dirinya menilai nilai tukar rupiah bisa menguat sehingga dapat menekan import dan meningkatkan kualitas eksport.

Baca juga: Mandiri Syariah Ikut Terlibat Distribusi Pangan Murah

Untuk diketahui, beberapa waktu lalu lembaga pemeringkat utang Standard and Poor's (S&P) menaikkan kembali peringkat utang (rating) Indonesia satu tingkat menjadi BBB dengan outlook stable pada 31 Mei 2019.

Dalam laporannya, S&P menyatakan ekonomi Indonesia secara konsisten lebih baik dari negara-negara peers pada tingkat pendapatan yang sama. Kenaikan rating S&P merefleksikan prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kuat. (OL-6)

Baca Juga

DOK: SINARMAS LAND

Sinar Mas Land Siapkan Bantuan 25.000 Alat Uji Covid-19

👤RO 🕔Selasa 07 April 2020, 21:10 WIB
Puluhan ribu rapid test kit tersebut rencananya diserahkan ke Kementerian Kesehatan sebanyak 12.500 alat dan sisanya ke sejumlah pemerintah...
Antara

Menteri PUPR Bakal Minta Relaksasi Pembayaran Kewajiban Jalan Tol

👤Antara 🕔Selasa 07 April 2020, 20:49 WIB
Jalan tol mengalami penurunan sekitar 40 sampai dengan 60 persen dari LHR pada hari-hari...
Antara

Pemerintah Percepat Program Padat Karya Tunai

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Selasa 07 April 2020, 20:08 WIB
Kementerian Koordinator Perekonomian tengah menyiapkan sejumlah program guna melindungi masyarakat dari dampak penyebaran virus korona...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya