Senin 03 Juni 2019, 10:15 WIB

Rekomendasi Wisata Cirebon - Kudus

Suryani Wandari | Weekend
Rekomendasi Wisata Cirebon - Kudus

Antara
Goa Sunyarai

SETELAH adanya tol Trans Jawa, jalur Pantura memang tidak lagi ramai di momen mudik. Meski begitu Pantura sesungguhnya tetap menarik karena sejumlah tempat wisatanya. Berikut beberapa rekomendasi untuk Anda:

 

1. Gua Sunyaragi, Cirebon
Jika lewat Cirebon, coba mengunjungi Gua Sunyaragi yang pada masa lalu, ini adalah tempat istirahat dan meditasi anggota keluarga Kesultanan Cirebon. Gua Sunyaragi berada di tengah kota, di sisi jalan by pass Brigjen Dharsono. Dinding Gua Sunyaragi adalah material batu karang.
Buat anda yang menyukai eksis di medsos lewat foto-foto diri dan perjalanan, pastinya berfoto di tempat ini akan menambah daya tarik unggahan anda. Tempat wisata ini juga sudah cukup dikelola dengan baik sehingga nyaman bagi wisatawan.

 

2. Kampung Batik Trusmi
Jalan-jalan tidak lengkap tanpa berbelanja. Begitulah yang dirasakan tidak sedikit orang.
Jika anda ingin berbelanja di Cirebon maka rekomendasi utama adalah Kampung Batik Trusmi. Sesuai namanya, tempat ini adalah pusat berbagai toko dan pengrajin batik.
Batik-batik khas pesisir dengan warna cerah dan motif flora berlimpah di sini. Selain itu model busana batik yang ditawarkan pun mengikuti perkembangan mode yang ada.


3. Wisata Alam Kaligua
Jika mudik lewat Brebes, coba mengunjungi Wisata Alam Kaligua yang menyuguhkan udara segar dengan pemandangan kebun teg yang selalu membuat kita nyaman. Jaraknya pun tidak terlalu jauh, yakni hanya memerlukan waktu tempuh 30 menit dari Bumiayu. Lokasinya di  Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes dengan harga tiket Rp10 ribu.

4. Candi Pangkuan
Masih di Brebes, kali ini anda bisa ke Candi Pangkuan yang berada  di Desa Cilibur, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes dengan biaya akses gratis. Tempat ini merupakan sebuah monumen bersejarah berupa batu lonjong setinggi 50 meter. Di sekitar candi anda pun bisa melihat makam yang salah satunya diyakini sebagai orang pertama yang tinggal di Brebes yakni Kyai Wisnu, Kencana Wungu, dan Nyi Rantam Sari.


4. Batang Dolphin Center, Batang, Jawa Tengah.
Jika perjalanan anda berlanjut ke arah Semarang dan Tuban, melipirlah sedikit ke Kota Batang. Hahanya dengan kocek Rp 20 ribu, kamu bisa masuk ke pelestarian lumba-lumba sebagai alternatif rekreasi bersama anak.

 

5. Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus
Selain sebagai tempat beribadah di sela mudik, tempat ini juga bisa bmenjadi wista religi tepat di  Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Masjid Menara Kudus sendiri merupakan masjid kuno yang dibangun oleh Sunan Kudus pada 1549. Mesjid ini memiliki keunika arsitektur bercorak Hindu. Gapura, menara, dan bangunan-bangunan di sekeliling masjid banyak yang mirip dengan bangunan candi. (M-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More