Jumat 31 Mei 2019, 07:45 WIB

Pemerintah Jamin Ketersediaan Sembako

Bayu Anggoro | Ekonomi
Pemerintah Jamin Ketersediaan Sembako

ANTARA FOTO/Novrian Arbi
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita berbincang dengan penjual daging sapi saat kunjungan kerja di Pasar Kosambi, Bandung, Jawa Barat,.

 

MENTERI Perdagangan Enggartiasto Lukita memastikan ketersediaan bahan pokok jelang Lebaran 2019 dalam kondisi aman.

Penetrasi pasar yang dilakukan pemerintah pusat dan daerah, juga badan usaha milik negara (BUMN), berhasil menjamin terpenuhinya kebutuhan masyarakat.

"Seperti yang disampaikan kemarin, stok dan harga-harga stabil dan aman," kata Enggartiasto seusai meninjau Pasar Kosambi, Bandung, Jawa Barat, kemarin. Sebagai contoh, kebutuhan daging sapi untuk Kota Bandung bisa terpenuhi.

Pada sepekan jelang Lebaran ini, kebutuhannya mencapai 60-70 ekor per hari. Permintaan akan meningkat hingga 600 ekor per hari mulai H-3 Idul Fitri.

Enggartiasto menjelaskan penetrasi dilakukan dengan mengawasi 205 pasar rakyat di 82 kabupaten/kota. Pengawasan itu dilakukan mulai 27 Mei hingga 4 Juni mendatang.

Pihaknya pun, lanjut Enggar, akan terus bekerja sama dengan pemerintah daerah dan distributor agar alur distribusi ke masyarakat lancar dengan harga wajar. "Tim terus mengawal dan melaporkan setiap temuan-temuan," ujarnya.

Bawang putih

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan menyatakan pihaknya berhasil menurunkan harga bawang putih di pasaran.

Hal itu terjadi salah satunya melalui intervensi pasar dengan telah mengimpor 69 ribu ton komoditas pertanian tersebut.

Dilaporkan, pada awal bulan Ramadan ini harga bawang putih naik hingga Rp80 ribu per kilogram. Bahkan, ada sejumlah penjual yang mematok harga Rp100 ribu per kilogram. Padahal, biasanya harga bawang putih sekitar Rp35 ribu per kilogram.

Hasil pertanian impor itu didistribusikan ke toko ritel modern untuk kembali dijual kepada masyarakat dengan harga normal. "Dalam dua bulan kita tugasi ritel modern untuk intervensi," kata Oke saat mendampingi Menteri Perdagangan Enggartiasto di Pasar Kosambi, Bandung, kemarin.

Kunjungan itu, menurut Oke, dilakukan untuk memastikan ketersediaan bahan pokok dan meninjau situasi pasar tersebut pascakebakaran, Sabtu (18/5).

Oke memastikan di toko mo-dern itu masyarakat bisa membeli bawang putih dengan harga normal. "Kalau ibu-ibu mau beli bawang putih, harganya di ritel modern Rp35 ribu," kata Oke.

Dia menjelaskan bawang putih yang disalurkan ke toko ritel modern itu hasil impor yang telah disepakati sebanyak 226 ribu ton. Selain bawang putih, pihaknya juga sudah menyiapkan impor daging sapi.

Sementara itu, Pemkab Lamongan, Jawa Timur, menyatakan mendekati Idul Fitri, harga sembako stabil. Di sisi lain, Pemkab Purbalingga, Jawa Tengah, menggelar pasar murah dan memberikan sembako gratis kepada warga tidak mampu. (YK/LD/X-6)

Baca Juga

MI/Ramdani

Kemenhub: Pengendalian Transportasi Hari Pertama Lebaran Kondusif

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 24 Mei 2020, 19:07 WIB
Pengawasan menyasar semua arus keluar dan masuk wilayah Jabodetabek, termasuk jalur darat, laut dan...
Antara/Muhammad Iqbal

70% Pesawat Grounded, Garuda Lakukan Prolong Inspection

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 24 Mei 2020, 14:32 WIB
Prolong inspection bertujuan menjaga kelayakan pesawat, karena rute berkurang akibat pandemi...
MI/PIUS ERLANGGA

Sri Mulyani: Tidak Ada Kesehatan, Tidak Ada Ekonomi

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 24 Mei 2020, 13:00 WIB
"Itu sebabnya, pada saat terjadi pandemi, langkah pertama pemerintah adalah mengunci terlebih dahulu dana Rp75 triliun khusus untuk...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya