Selasa 28 Mei 2019, 17:30 WIB

Ini Aturan Penetapan Kursi Parpol dan Caleg DPRD Terpilih

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
Ini Aturan Penetapan Kursi Parpol dan Caleg DPRD Terpilih

ANTARA
Komisioner KPU Ilham Saputra

 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) mengungkapkan penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dilakukan paling lambat 3 hari setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menyelesaikan catatan permohonan perselisihan hasil pemilu (PHPU) dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK). Catatan tersebut dilakukan pada 1 Juli.

Penetapan kursi DPRD tersebut berlaku untuk daerah yang tidak mengajukan perselisihan hasil pemilu di MK.

Baca juga: KPK: 685 Caleg Terpilih Telah Lapor LHKPN

"Harus tercatat terlebih dahulu di MK, baru MK mengatakan tidak ada masalah, tidak ada gugatan, kemudian ditetapkan," jelas Komisioner KPU Ilham Saputra, di Gedung KPU RI, Menteng, Jakarta, Selasa (28/5).

Adapun aturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran KPU Nomor Surat 867/PL.01.8_SD/06/KPU/V/2019, dimana hal tersebut diatur dalam Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2019 tentang Perubahan Keempat atas Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019.

"Nanti tanggal 1 Juli kan registrasi (pencatatan permohonan dalam BRPK). Kita sudah buat suratnya kepada Kabiro provinsi dan Kabiro Kabupaten kota," jelas Ilham.

Baca juga: Kapolri: Wiranto, Luhut, BG, dan Gories Mere Target Pembunuhan

Selanjutnya, MK akan bersurat pada KPU menyampaikan pemberitahuan soal daftar daerah mana saja yang terdapat PHPU.

Ketentuan tersebut mengacu pada Peraturan MK Nomor 2 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan MK Nomor 5 Tahun 2018 tentang Tahapan, Kegiatan, dan Jadwal Penanganan Perkara PHPU. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More