500 Titik Drainase di Kota Depok Diperbaiki

Penulis: Kisar Rajaguguk Pada: Senin, 27 Mei 2019, 19:50 WIB Megapolitan
500 Titik Drainase di Kota Depok Diperbaiki

MI/Bary Fathahilah
Pemasangan gorong-gorong pencegah banjir di Cipayung, Depok

DINAS Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok memperbaiki sistem dan bangunan drainase di 500 titik.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok Dadan Rustandi mengatakan hampir semua drainase rusak di Kota Depok. Dadan mengatakan, kerusakan itu disebabkan banyaknya pembangunan baik perumahan, perkantoran maupun pertokoan. Selain itu, juga disebabkan faktor usia akibat tidak diperbaiki.

Baca juga: Kerugian DKI Jakarta Akibat Aksi 22 Mei Capai Rp400 Juta

Dikatakan, sebanyak 500 titik drainase rusak di 63 kelurahan dan 11 kecamatan akan mendapat perbaikan. Ia mengaku drainase itu tidak berfungsi karena tertutup pembangunan dan tersumbat sampah.

Ia mengaku terkendala dana untuk perbaikan drainase 2019, dana yang tersedia hanya Rp347 miliar. Untuk menyelesaikan kendala tersebut, pihaknya akan melakukan penertiban lantaran intensitas hujan semakin sering. “Satu-satunya cara menormalkan sumbatan saluran air adalah melakukan penertiban bangunan,” kata Dadan Senin (27/5).

Dadan menilai penanganan saluran air di kotanya tidak bisa berhenti. “Kita akan tangani dari dasarnya terlebih dulu sehingga titik-titik perbaikan dapat dilakukan secara bertahap, “ ujar Dadan.

Dia berharap camat dan lurah sebagai garda terdepan dengan pendampingan dari Dinas PUPR menginventarisasi kembali saluran air untuk dibuatkan rencana induknya.

“Selama ini perbaikan saluran hanya berdasarkan jumlah titik genangan tahun sebelumnya. Sementara sifat air berpindah ke tempat rendah. Misalnya pada 2018 ada 15 titik genangan dan pada 2019, 15 titik genangan tersebut dibenahi, maka genangan di tempat lain pasti akan muncul,” jelasnya.

Kepala bidang Sumber Daya Air Dinas PUPR Kota Depok Deni Setiawan menjelaskan pada Juni ini pihaknya akan mengintensifkan perbaikan drainase sehingga warga yang rumahnya berada di dekat saluran air tidak tergenang.

“Sejak dua pekan lalu kami sudah melakukan inventarisasi kerusakan saluran drainase. Dari inventarisasi tersebut, kerusakan drainase disebabkan karena usia drainase sudah tua dan tertutup sampah. Akibatnya, dinding saluran drainase tidak kuat dan lantainya tergerus air,” paparnya.

Hal inilah yang membuat sejumlah jalan protokol, jalan kota maupun jalan kampung (lingkungan) di Kota Depok tergenang setiap musim hujan.

Baca juga: Dishub DKI Ancam Pidanakan PO Bus Bandel

“Fokus kita tahun ini menggiatkan perbaikan drainase dengan demikian genangan air akan teratasi. Kami fokus perbaiki saluran air. Dengan begitu, genangan air di jalan raya dapat tertampung masuk ke saluran," ucap Deni.

Sejumlah jalan protokol, yang tergenang banjir saat hujan antara lain, Jalan Margonda, Jalan Insinyur Haji Juanda, Jalan Arif Rahman Hakim, Jalan Alternatif Cibubur, Kelurahan Harjamukti hingga sejumlah jalan kota dan jalan kampung lain (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More