Senin 27 Mei 2019, 17:52 WIB

Kemendag Janji Lanjutkan Keberhasilan Jaga Harga Pangan

Andhika prasetyo | Ekonomi
Kemendag Janji Lanjutkan Keberhasilan Jaga Harga Pangan

MI/Sriyanti
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat memantau harga sembako di Pasar Besar Palangka Raya Kalteng jelang bulan puasa.

 

KEMENTERIAN Perdagangan terus berupaya melanjutkan keberhasilan menjaga ketersediaan dan harga pangan selama periode ramadan dan lebaran.

Dalam dua tahun terakhir, sebagian besar bahan pangan pokok dalam kondisi stabil baik dari sisi pasokan dan harga. Begitu pun tahun ini. Hingga H-10 Idul Fitri, tidak terjadi lonjakan harga signifikan yang menimbulkan suasana tidak kondusif di masyarakat.

Baca juga:Impor Bawang Putih Ditambah untuk Tekan Harga

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengakui ada dua komoditas yang sempat mengalami eskalasi harga yakni bawang merah dan bawang putih. Namun, persoalan itu, lanjutnya, sudah dapat ditangani sejak awal ramadan dan harganya sudah berangsur turun saat ini.

Untuk terus menjaga situasi tetap stabil, Kemendag mengirim 240 orang yang akan mengawasi 205 pasar rakyat di seluruh Indonesia yang dianggap rawan akan kenaikan harga bahan-bahan pokok.

Sebanyak 240 orang itu termasuk para eselon satu Kemendag. Mereka ditugasi sebagai koordinator wilayah di beberapa provinsi. Kemudian eselon dua selaku koordinator lapangan di kabupaten/kota.

"Itu saja sebenarnya tidak cukup. Untungnya kami dibantu Satgas Pangan yang juga berkomitmen mengawal bahan pangan pokok," tuturnya.

Skema pengawalan dengan turun langsung ke lapangan, ucap Enggartiasto, merupakan formula yang pertama kali digunakan pada 2016 dan menjadi titik keberhasilan menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pada masa Hari Besar Keagamaan Nasional.

"Upaya-upaya seperti ini akan terus kami lakukan demi menjaga semua komoditas pangan terjaga sehingga masyarakat dapat beribadah dengan tenang," tandasnya. (Pra/A-5)

Baca Juga

Dok pribadi

Airlangga Beberkan Keberhasilan Relaksasi KUR UMKM selama Pandemi

👤RO/Micom 🕔Jumat 03 Juli 2020, 20:22 WIB
14 penyalur KUR fasilitas bantuan yang diberikan oleh pemerintah telah dimanfaatkan cukup signifikan oleh...
Ist

Water Heater Kangaroo Hadir untuk Alternatif Kebutuhan Air Hangat

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Juli 2020, 19:55 WIB
Dengan hadirnya water heater dari Kangaroo diharapkan dapat berkontribusi untuk pemenuhan kebutuhan standar masyarakat...
Ilustrasi/Medcom

Financial Planner : Saat Covid-19 Harus Bijak Rencana Pembiayaan

👤Deri Dahuri 🕔Jumat 03 Juli 2020, 19:36 WIB
Financial planner dari ZAP Finance, Prita Hapsari Ghozie menasihati keluarga muda harus mulai bisa mengesampingkan pengeluaran yang tidak...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya