Senin 27 Mei 2019, 13:00 WIB

Jelang Lebaran, Warga Diingatkan tidak Tertipu Diskon

Indriyani Astuti | Humaniora
Jelang Lebaran, Warga Diingatkan tidak Tertipu Diskon

ANTARA/Syifa Yulinnas
Sejumlah calon pembeli memilih pakaian di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Meulaboh, Aceh Barat, Aceh.

 

BADAN Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) mengimbau masyarakat agar waspada dalam membeli produk barang maupun jasa menjelang perayaan Lebaran.

"Konsumen harus teliti sebelum membeli barang maupun jasa. Harus teliti membaca label dan juga masa kadaluarsa produk. Pastikan produk aman dan tidak kedaluwarsa," ujar Ketua BPKN Ardianysah Parman melalui siaran pers, Minggu (26/5).

BPKN juga meminta konsumen Indonesia jeli dalam melihat fenomena diskon di beberapa pusat perbelanjaan.

Harga diskon yang menggiurkan, kata Ardiansyah, harus dicermati dengan membandingkan harga normal sebelum diskon.

Selain itu, BPKN juga meminta pelaku usaha harus jujur dalam menawarkan serta mengiklankan atau memberikan pernyataan perihal produk.

Baca juga: Koordinasi Antar Instansi Optimalkan Persiapan Arus Mudik Lebaran

"Memberikan pernyataan menyesatkan terkait kebijakan potongan harga maupun pemberian hadiah itu dilarang," tegasnya.

Menurutnya, perlu ketegasan dari pemerintah untuk mengantisipasi maraknya penipuan menjelang Lebaran terkait diskon baik melalui standar ketetapan harga minimum maupun pengawasan praktik pelaksanaannya.

Hal lain yang disoroti BPKN ialah peredaran uang palsu. Ardiansyah mengatakan menjelang Lebaran, masyarakat banyak melakukan penukaran uang dalam jumlah besar untuk membagi-bagikan Tunjangan Hari Raya (THR) ke sanak saudara.

Masyarakat diimbau melakukan penukaran uang di tempat–tempat resmi yaitu di Perbankan untuk menjamin keasliannya. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More