10 Kapal Siap Lintasi Penyeberangan Bangka-Sumatra

Penulis: RF/MG/WJ/YH/AU/N-2 Pada: Senin, 27 Mei 2019, 10:05 WIB Mudik
10 Kapal Siap Lintasi Penyeberangan Bangka-Sumatra

ANTARA/SYIFA YULINNAS
Para penumpang bersiap memasuki kapal motor penyeberangan di Pelabuhan Penyeberangan Meulaboh-Sinabang di Samatiga, Aceh Barat, Aceh, kemari

PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) cabang Bangka memperkirakan puncak arus mudik pada H-8 Lebaran. Untuk itu, pihaknya menyiapkan 10 kapal di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok Bangka Barat (Babar) ke Pelabuhan Tanjung Api-api Sumatra Selatan.

“Kalau untuk kendaraan roda dua kita targetkan 3.143 unit, sedangkan roda empat 3.207 unit, jumlah armada ada 10 kapal roro dengan 102 trip,” kata Manager Usaha ASDP Cabang Bangka Adolf Dwidahana, kemarin.

Kapal tersebut antara lain, KMP Kuala Bate II berkapasitas 300 orang, KMP Menumbing Jaya berkapasitas 204 penumpang, KMP Mutes kepasitas 164 penumpang, KMP Setya Kencana I, dan KMP Dharma Kartika 1. “Dari 10 kapal roro yang kita siapkan untuk arus mudik Lebaran total mampu mengangkut 2.142 penumpang, roda dua 342 unit, dan kendaraan roda empat 36 unit,” ungkap dia.

Sementara itu,  ASDP cabang Bangkalan, Jawa Timur, menyiapkan tiga armada kapal untuk melayani penyeberangan Tanjung Perak (Surabaya)-Kamal (Bangkalan) khusus Lebaran.

Tiga armada itu disiapkan sebagai antisipasi lonjakan pengguna jasa penyeberangan meski Jembatan Suramadu sudah digratiskan.

Staf Operasional Kapal PT ASDP, Halili, mengatakan sejauh ini Pelabuhan Kamal masih beroperasi dan melayani masyarakat yang menyeberang ke Surabaya atau sebaliknya dengan menggunakan kapal penyeberangan. Namun, perusahaannya tidak melakukan persiapan khusus seperti tahun-tahun sebelumnya. “Kami memperkirakan, meski ada peningkatan, jumlahnya tidak signifikan setelah Tol Suramadu digratiskan,” kata Halili.

Di sisi lain, tidak mau kalah dengan Pemkab Wonogiri, Pemkab Karanganyar juga menggelar mudik gratis bagi warganya yang belum beruntung di rantauan di Jabodetabek. Sedikitnya disediakan 32 armada bus, hasil kerja sama dengan Mata Trans, sebuah perusahaan otobus untuk pariwisata.

“Kami tidak menutup mata, ada sebagian warga Karanganyar yang bersusah payah mendapatkan kesempatan kerja di kota besar, tetapi belum berhasil sehingga untuk kemudahan menikmati lebaran di kampung halamannya, pemkab menyediakan 32 bus untuk program mudik gratis,” tukas Bupati Karanganyar, Juliyatmono, kemarin. (RF/MG/WJ/YH/AU/N-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More