Senin 27 Mei 2019, 00:00 WIB

Jalan Terjal Muenchen Kawinkan Gelar

MI | Sepak Bola
Jalan Terjal Muenchen Kawinkan Gelar

AFP/ODD ANDERSEN
Pemain Bayern mengangkat trofi Piala Jerman (DFB Pokal) yang baru mereka rebut setelah di fi nal mengalahkan RB Leipzig 3-0

 

KONTRAS dengan musim-musim sebelumnya, Bayern Muenchen mengawali kompetisi musim ini dengan cara yang tidak mengesankan.

Mereka sempat terpuruk di papan tengah klasemen Bundesliga. Sebuah kondisi yang tabu bagi raksasa Jerman itu. Tak berlebihan jika segenap rumor miring sempat menghampiri mereka, dari kabar pemecatan pelatih, ketidakharmonisan tim, sampai skuad mereka yang dijuluki sekumpulan serdadu tua.

Namun, pelan tapi pasti Die Roten mampu bangkit. Mereka bahkan menutup musim dengan menyapu bersih dua gelar di kompetisi domestik, yakni juara Bundesliga dan trofi DFB Pokal.

Setelah sukses memastikan gelar Bundesliga, Muenchen melengkapi gelar dengan menjuarai DFB Pokal setelah di final mengalahkan RB Leipzig 3-0 di Olympia Stadion, Berlin, kemarin dini hari WIB.

Kesuksesan FC Hollywood mengawinkan gelar mengingatkan orang pada julukan timnas Jerman, yakni tim diesel, karena kerap terlambat panas. Arsitek Muenchen, Niko Kovac, pun pantas menepuk dada atas keberhasilan itu.

“Bayern (Muenchen) ialah tim yang melangkahkan kaki di awal musim dengan tujuan meraih gelar juara. Kami sempat tertinggal jauh, tetapi tim kemudian melakukan halhal yang luar biasa,” cetus arsitek asal Kroasia itu.

“Duel lawan Benfica menjadi titik balik. Kami menang 5-1 pada akhir November. Sejak saat itu tim ini hanya kalah dua kali, yakni dari Bayer Leverkusen di Bundesliga dan Liverpool. Jadi Anda harus mempertahankan keyakinan,” tukasnya.

Kesuksesan Muenchen meraih dua gelar sekaligus juga menjamin masa depan Kovak. Setidaknya hal itu diungkapkan Chairman Bayern Muenchen, Karl-Heinz Rummenigge.

“Saya pikir, jika Anda punya pelatih seperti Niko Kovac di Bayern pada musim pertama, itu sudah termasuk sukses. Dia adalah pelatih muda yang relatif tidak punya pengalaman. Tidak ada yang meragukan bahwa dia akan menjadi pelatih kami musim depan,” ujar Rummenigge. (AFP/ESPN/Mln/R-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More