Minggu 26 Mei 2019, 19:38 WIB

Presiden: Jangan Senang Merendahkan Institusi

Dero Iqbal Mahendra | Politik dan Hukum
Presiden: Jangan Senang Merendahkan Institusi

Antara
Presiden Joko Widodo (kanan) usai membuka Silaturahmi Nasional-Buka Puasa Bersama HIPMI di Jakarta, Minggu (26/5).

 

PRESIDEN Joko Widodo meminta semua pihak tidak merendahkan muruwah institusi negara. "Jangan senang merendahkan sebuah institusi. Saya kira tidak baik," tutur Jokowi di Jakarta, Minggu (26/5).

Menurut Kepala Negara, merendahkan muruwah institusi negara misalnya Mahkamah Konstitusi (MK) menodai niat awal kelahiran lembaga yang dibentuk negara. Lembaga-lembaga negara terbentuk dari ketatanegaraan Indonesia agar memiliki kepercayaan dari publik.

Baca juga: 70% Permohonan Kubu Prabowo malah Persoalkan MK

"Jangan sampai direndahkan, maupun dilecehkan seperti itu. Ini (saya sampaikan) kepada siapapun," tegas dia.

Sebelumnya, Ketua Tim Hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Bambang Widjojanto (BW), dalam pernyataannya di Gedung MK meragukan independensi dan integritas MK. Hal itu disampaikan BW seusai menyerahkan berkas gugatan kubu pasangan calon 02.

"MK dalam berbagai putusannya telah memutuskan berbagai perkara sengketa pemilihan, khususnya pilkada, dengan menggunakan prinsip terstruktur, sistematis, dan masif. Kami coba mendorong MK bukan sekadar mahkamah kalkulator, yang bersifat numerik," BW di Gedung MK, Jakarta, Jumat (24/5) malam.

Dalam kesempatan tersebut, BW menuding rezim saat ini korup dan berharap MK tidak menjadi bagian rezim tersebut.

"Mudah-mudahan Mahkamah Konstitusi bisa menempatkan dirinya menjadi bagian penting, di mana kejujuran dan keadilan harus menjadi watak dari kekuasaan, dan bukan justru menjadi bagian dari satu sikap rezim yang korup," ujar BW. (Dro/A-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More