Minggu 26 Mei 2019, 17:35 WIB

ASDP Siapkan Tiga Kapal untuk Penyeberangan Kamal-Surabaya

Mohammad Ghazi | Nusantara
ASDP Siapkan Tiga Kapal untuk Penyeberangan Kamal-Surabaya

ANTARA FOTO/Didik Suhartono
Petugas mengatur antrian kendaraan yang masuk kapal feri di penyeberangan Ujung-Kamal, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (17/3/2019).

 

PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebarangan (ASDP) Bangkalan, Jawa Timur, menyiapkan tiga armada kapal untuk melayani penyeberangan
Tanjung Perak (Surabaya)-Kamal (Bangkalan) khusus Lebaran.

Tiga armada itu disiapkan sebagai antisipasi lonjakan pengguna jasa penyeberangan meski Jembatan Suramadu sudah digratiskan.

Staf Operasional Kapal PT ASDP, Halili, mengatakan sejauh ini Pelabuhan Kamal masih beroperasi dan melayani masyarakat yang menyeberang ke Surabaya atau sebaliknya dengan menggunakan kapal penyeberangan.

Namun, perusahaannya tidak melakukan persiapan khusus seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Kami memperkirakan, meski ada peningkatan, jumlahnya tidak signifikan setelah Tol Suramadu digratiskan," kata Halili.

Ia menjelaskan, sebagian besar penyeberangan dari Pelabuhan Kamal adalah warga yang tinggal di wilayah Kecamatan Kamal, Bangkalan dan Socah atau warga yang ingin menghindari kemacetan di beberapa titik di Surabaya.

"Sudah bukan jalur penyeberangan utama karena sudah ada Jembatan Suramadu," katanya.

Saat ini, trip penyeberangam di pelabuhan tersebut hanya dilayani dua kapal feri. Sebelum beroperasinya jembatan Suramadu, satu trip penyeberangan dilayani 12 kapal feri. Sementara dari empat dermaga yang ada, saat hanya dioperasikan satu dermaga di pelabuhan barat. (A-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More