BNI Bantu Pelaku UMKM Naik Kelas

Penulis: Andhika Prasetyo Pada: Minggu, 26 Mei 2019, 16:29 WIB Ekonomi
BNI Bantu Pelaku UMKM Naik Kelas

HUMAS BNI
Ilustrasi pelaku usaha binaan BNI

DALAM tiga hari terakhir, lobi Graha BNI di Kantor Pusat PT Bank Negara Indonesia (BNI) yang semula kosong dan sunyi disulap menjadi penuh dan ramai.

Berbagai produk mitra usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM) binaan perseroan dari seluruh Tanah Air tumpah ruah dan menarik minat para karyawan setempat.

Baca juga: Berdayakan UKM, Sampoerna Retail Community Dipuji Menperin

Bazar Rumah Kreatif BUMN (RKB), begitulah keramaian itu disebut. Kegiatan itu sengaja digelar untuk membuka jalan bagi produk para pelaku UMKM supaya bisa dipasarkan di perkantoran modern.

"Langkah ini merupakan salah satu upaya korporasi untuk mendorong para pengusaha UMKM naik kelas. Di situ mereka bisa menemukan pembeli-pembeli baru. Para pekerja kantoran juga bisa membeli barang-barang kesukaan dengan harga murah karena langsung dijual oleh tangan pertama. Itulah hubungan simbiosis mutualisme yang dibangun BNI secara kreatif melalui sebuah Bazaar," ujar Direktur Bisnis UMKM dan Jaringan BNI Catur Budi Harto melalui keterangan resmi, Minggu (26/5).

Ia menambahkan, para pelaku UMKM yang diajak ke Bazaar RKB akan mendapatkan banyak manfaat. Selain memperoleh pasar baru, produk yang jauh-jauh dibawa ke Jakarta juga laku keras.

Seperti yang dialami Harti Ningsih, pengusaha Rendang Kemasan Subana Bana Randang Padang.

“Saya membawa 80 kilogram rendang ke bazar ini dan sekarang sudah mau habis. Sementara yang mencari-cari produk ini masing banyak. Untuk yang tidak kebagian rendang, kami minta untuk memesan secara daring, nanti kami kirim,” ujar Harti.

Harti juga memperoleh berkah lain dari bazar tersebut. Ia bertemu dengan beberapa pemasok daging yang merupakan bahan baku utama produknya.

Dengan demikian, pelaku usaha yang telah berhasil mengekspor ke Singapura, Taiwan dan Vietnam itu bisa memiliki alternatif sumber bahan baku lebih banyak lagi.

Untuk mendorong pelaku UMKM naik kelas, BNI tidak hanya menggelar bazar tetapi juga mengadakan beragam pelatihan. (Pra/A-5)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More