Kalahkan Barcelona, Valencia Juara Copa del Rey

Penulis: Cahya Mulyana Pada: Minggu, 26 Mei 2019, 09:27 WIB Sepak Bola
Kalahkan Barcelona, Valencia Juara Copa del Rey

AFP/JOSE JORDAN
Para pemain Valencia merayakan keberhasilan mereka menjadi juara Copa del Rey

VALENCIA berhasil keluar sebagai juara Copa del Rey setelah menaklukan Barcelona di Estadio Villamarin, Minggu (26/5) dini hari WIB, dengan skor 2-1.

Kevin Gameiro dan Rodrigo Moreno menjadi pahlawan untuk Si Kelelawar dan hanya diperkecil oleh Lionel Messi.

Barcelona yang menurunkan tim utama mampu mendominasi jalannya pertandingan. Penguasaan bola yang menjadi ciri khas Blaugrana tercipta dalam laga ini dengan persentase 72% berbanding 28%.

Sayangnya, hal itu tidak mampu menaklukan mental Valencia yang tertekan namun mampu bangkit di setiap kesempatan. Skuat Marcelino García Toral mampu memanfaatkan serangan balik saat Barca asyik menyerang.

Dipimpin Lionel Messi, pasukan Ernesto Valverde melontarkan serangan bertubi-tubi ke benteng pertahanan Valencia. Messi melontarkan ancaman pada menit 18 tapi bisa dipatahkan bek Valencia Gabriel Paulista.

Baca juga: Sepatu Emas Gagal Pupus Kecewa Messi

Tidak ingin hanyut dalam bulan-bulanan Barca, Valencia mencoba memanfaatkan bola untuk mendobrak kuatnya benteng pertahanan lawan melalui Jose Gaya di sisi kiri.

Mendekati jantung Barca, bola diberikan kepada Kevin Gameiro yang sudah berhadapan dengan penjaga gawang Barca Jasper Cillessen dan sepakan kerasnya yang tepat pada menit 21 itu mampu menembus jala.

Dua menit setelah gol perdana, Valencia kembali menggebrak. Ketika Barca masih panik dan tidak percaya dengan gol pertama itu, Carlos Soler mampu membangun serangan dan ketika bola diberikan kepada Rodrigo mampi disundul dan kembali memperdaya Cillessen.

Tertinggal dengan sepasang gol, Barca mencoba bangkit dan kembali melanjutkan dominasi mereka. Serangan cepat lewat trisula mereka tidak mampu membalas satu gol pun untuk memangkas jarak hingga akhir babak pertama.

Paruh kedua, Messi terus memimpin serangan untuk menaklukan penjaga gawang Valencia, Jaume. Serangan yang tidak putus dari ujung tombak Barca lewat Messi, Coutinho dan Roberto baru berbuah manis 27 menit menjelang akhir laga.

Namun, itu pun terjadi dari bola mati. Messi yang berusaha keras berjuang mempertahankan status juara bertahan Barca di ajang ini mampu memperkecil ketertinggalan lewar sepakan dari kesempatan sepak pojok.

Tidak ingin gelar juara hilang setelah unggul dua gol, Valencia memilih memperkuat lini belakang dan mengabaikan serangan. Dengan keputusan itu, Barca tidak mampu menambah gol hingga peluit panjang berbunyi sehingga Valencia keluar sebagai kampiun dan memutus dominasi Barca di ajang ini. (AFP/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More