Untuk Semua Orang

Penulis: Abdillah Marzuqi Pada: Minggu, 26 Mei 2019, 09:25 WIB Weekend
Untuk Semua Orang

MI/ADAM DWI
Sulis Sugianto instruktur zumba

BANYAK yang salah kaprah dengan menganggap zumba hanya diperuntukkan bagi perempuan. Padahal, zumba pun bisa dilakukan semua orang, termasuk para manula maupun anak-anak.

Manula ataupun orang yang tidak mampu bergerak lincah pun bisa mengikuti zumba. Tidak harus berdiri, dengan duduk pun jadi. Bahkan, jika tidak bisa dengan keduanya pun masih bisa dengan menggerakkan tubuh.

Zumba pun berguna untuk terapi dan melatih kemampuan fokus. Zumba tidak memakai instruksi verbal, yang menjadi patokan ialah isyarat dari instruktur. Tujuannya agar peserta bisa bisa fokus pada gerakan dan musik.

"Karena di zumba itu enggak pakai ngomong. Jadi, aba-aba cuma pakai tangan doang. Kenapa begitu? Tujuannya, pertama, biar mereka fokus untuk menikmati gerakan dan lagunya. Dia secara langsung sinkron antara tubuh dan pikiran," terang instruktur Zumba, Sulis Sugianto.

Tidak ada batasan usia untuk ikut zumba. Hanya, untuk anak-anak masuk dalam kategori khusus.

"Tidak ada batasan usia, cuma yang di bawah 11 tahun ada zumba tersendiri, namanya zumba kids. Itu pun gerakannya enggak sama yang dilakukan orang dewasa," ujarnya.

Menurut Sulis, banyak di antara anak-anak yang ternyata mampu melakukan gerakan zumba untuk orang dewasa. Namun, hal itu sedikit demi sedikit ditata sesuai dengan peruntukkan usia.

"Tapi sekarang rata-rata anak-anak sudah bisa melakukan gerakan kayak orang dewasa karena sering ikut ibunya. Tapi pelan-pelan mulai dipromosikan untuk zumba kids," tegasnya. (Zuq/M-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More