Wisata Alam Incaran Pemudik

Penulis: Agus Utantoro Pada: Minggu, 26 Mei 2019, 07:15 WIB Mudik
Wisata Alam Incaran Pemudik

FOTO ANTARA/R. Rekotomo/ss
Pantai Sundak, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta

DALAM menyambut libur Lebaran mulai pekan depan, sejumlah objek wisata di beberapa daerah bersolek untuk menarik wisatawan lokal agar mau berkunjung.

Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yog­yakarta (DIY) menyiapkan sederet kawasan wisata alam unggulan di daerah tersebut.

“Libur Lebaran identik dengan wisatawan Nusantara. Mereka lebih menyukai wisata alam,” kata Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, kepada Media Indonesia, Jumat (24/5).
Menurut Singgih, destinasi wisata alam yang diprediksikan banyak menyerap kunjungan ialah Kawas­an Hutan Pinus Mangun­an yang pernah dikunjungi Barack Obama. “Kawasan memiliki spot selfie yang instagramable.”

Objek wisata alam lain yang menjadi unggul­an Pemprov DIY ialah Telaga Biru di Gunungkidul, Kalibiru di Kulonprogo, Tebing Breksi di Prambanan, arung jeram Kali Suci di Gunungkidul, Pantai Sundak di Gunungkidul, dan Puncak Suroloyo di Kulonprogo.

“Objek wisata kami mengedepankan kelestarian lingkungan dan berorientasi ekonomi ke rakyatan. Setelah mendapat sertifikat nilai jual, objek wisata akan meningkat tajam,” ujar Singgih.

Pemprov Bangka Belitung (Babel) tidak ketinggalan mempercantik 10 destinasi wisata favorit yang ramai dikunjungi wisatawan pada libur Lebaran. Kepala Bidang Promosi Dinas Pariwisata Babel, Fajri Jagaditam, mengatakan ke-10 destinasi itu ialah Pantai Parai Tenggiri, Pantai Tanjung Pesona, Hutan Pelawan, Hutan Mangrove Kurau, dan Kolong Biru di Bangka. Sisanya berada di Pantai Tanjung Tinggi, Pulau Lengkuas, Museum Laskar Pelangi, Museum Kata, dan Batu Mentas.

“Belitung masih top. Untuk tarif masuk ke kawasan pantai, kami memungut Rp10 ribu. Ada yang gratis. Pengelola sudah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut libur Lebaran. Ke-10 destinasi kami siap menampung wisatawan dari mana pun,” ung­kap Fajri.

Dari Purwokerto, Jawa Tengah, pengelola objek wisata di daerah itu sudah berancang-ancang menyambut kedatangan para pemudik untuk melewatkan liburan mereka dengan berwisata alam.

Lokasi istirahat
Di Banyumas, pengelola Taman Rekreasi Andang Pangrenan (TRAP) membenahi taman kota yang terletak di pusat kota dan kerap menjadi salah satu lokasi istirahat para pemudik.

“Kami juga menyiapkan Taman Bale Kemambang dan Museum Sudirman. Mudah-mudahan pada libur Lebaran nanti banyak pengun­jung datang,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Lokawisata Purwomas, Kusmantono, kemarin.

Sementara itu, dari Purbalingga Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Yanuar Abidin, mengakui destinasi utama wisata setempat sudah siap menerima pengunjung.

“Di antaranya Owabong, Taman Wisata Purbasari Pancuranmas, dan Golaga. Kami menargetkan selama libur Lebaran sekitar 450 ribu wisatawan akan datang. Sesudah silaturahim biasanya warga langsung berwisata. Tahun ini ada libur sampai enam hari. Purbalingga merupakan salah satu daerah yang bakal dilewati olah para pemudik,” tandasnya. (RF/LD/X-3)                              

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More