Tol Kayuagung-Palembang Difungsionalkan

Penulis: (DW/YH/N-1) Pada: Minggu, 26 Mei 2019, 03:20 WIB Nusantara
Tol Kayuagung-Palembang Difungsionalkan

MI/Dwi.apriani
Jalan tol Palembang-Indralaya (Palindra)

RUAS Tol Kayuagung-Palembang pada H-7 Lebaran akan difungsionalkan. Hal itu disebabkan ruas tol itu belum 100% selesai, layaknya Tol Terbanggi Besar-Bakauheni yang sudah dibuka secara operasional pada momen Lebaran tahun ini.

“Kemarin, Jumat (24/5), kami berangkat dari Jakarta pukul 05.00 WIB. Langsung ke Merak, naik ASDP dan lancar. Lalu, lewat Tol Lampung hingga ke Bakauheni. Lalu, kami mengecek rest area di sepanjang tol dan sampai di Palembang pukul 15.30 WIB. Nyaman di perjalanan,” kata Menteri BUMN Rini Soemarno seusai Safari Ramadan BUMN di Palembang, Sabtu (25/5)

Ia mengatakan rest area yang berada di sepanjang ruas Tol Lampung-Terbanggi Besar sebagian sudah permanen. Sudah tersedia BBM, MCK, musala, dan UMKM. Namun, khusus di Kayuagung-Palembang sifatnya masih sementara karena pengerjaan ruas tol belum selesai .

Rini menjelaskan, untuk pengerjaan ruas tol di Kayuagung Palembang­ dibuka secara fungsional dengan satu jalur. Ia pun meminta agar masyarakat Sumatra Selatan mendukung pembangunan Tol Kayuagung-Palembang agar bisa selesai pada akhir Agustus tahun ini dan langsung operasional.

Seharusnya Juni ini sudah diaspal. Curah hujan tinggi menyebabkan saat penyedotan menjadi kendala dalam pembangunan struktur tol. Suasana mudik di Sumatra diperkirakan juga terjadi lonjakan­. Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumatra Barat mengingatkan agar pemudik memperhatikan keselamatan dan meningkatkan kewaspadaan.

Ada 13 titik rawan longsor di sepanjang jalur mudik di kawasan Sumatra Barat, yakni Tanjung Balit dan Kelok 9 di Kabupaten Lima Puluh Kota, Palupuh, Bawan, dan Maninjau di Kabupaten Agam, Panti di Kabupaten Pasaman, Lembah Anai di Kota Padang Panjang. Lalu, Sitinjau Lauik, ruas jalan Padang-Solok, Surian-Aia Dingin di Kabupaten Solok, Bungus Kota Padang, Sungai Selasih di Kabupaten Solok Selatan, Tanjung Gadang di Sijunjung, dan Muara Takung di Dharmasraya.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar Rumainur menegaskan seluruh BPBD kabupaten dan kota siap siaga untuk piket Lebaran.(DW/YH/N-1)siap siaga untuk piket Lebaran.(DW/YH/N-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More